oleh

Akhirnya, TPS3R Waru Barat akan Dibangun Tahun Ini

Kabarmadura.id/Pamekasan-Setelah sempat terganjal, pembangunan tempat pengelolaan sampah resue, reduce, dan recycle (TPS3R) di Desa Waru Barat, Kecamatan Waru, Pamekasan, menemui titik terang. Tempat pengolahan sampah itu dijadwalkan akan dibangun akhir tahun 2020.

Ketua Komisi III DPRD Pamekasan Ismail mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan beberapa dinas, termasuk dinas lingkungan hidup (DLH) dan badan perencanaan dan pembangunan daerah (Bapedda), untuk bisa menyelesaikan permasalahan sampah yang terjadi di Desa Waru Barat.

Dirinya mengaku, hasil pertemuan itu membuahkan kesepakatan terkait pembangunan TPS3R untuk menangani sampah di desa tersebut.

Apalagi lanjut dia, Desa Waru Barat telah menyediakan tempat untuk pembangunan TPS3R, bahkan tanahnya sudah diuruk.

“Sesuai kesepakatan sudah masuk di PAK tahun 2020 ini,” ungkapnya, Kamis (17/9/2020).

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Waru Barat Abdussalam Ramli menyampaikan, pembangunan TPS3R memang sangat diharapkan agar cepat terealisasi, mengingat sampah di Waru Barat memang menjadi permasalahan besar terhadap lingkungan hidup.

Bagi Abdussalam, pembangunan TPS3R di Desa Waru Barat nantinya mampu membangun kebiasaan baru masyarakat terkait persampahan dan tata kelolanya, sehingga sampah yang ada di Waru Barat bisa tertangani dengan mudah.

Menurutnya, dalam diskusi antara Komisi III DPRD Pamekasan dengan DLH, tidak melibatkan Desa Waru Barat, karena dipasrahkan ke DLH mengingat ini memang menjadi tanggung jawab DLH dalam tata kelola persampahan. Meski masih belum diketahui di bulan berapa penanganan TPS3R itu akan dilakukan.

“Pembangunan TPS3R ini harus disiapkan dengan SDM yang mampu mengelolanya, dan alhamdulillah kami sudah mulai melakukan kaderisasi terhadap SDM yang siap mengabdi kepada desa,” pungkasnya. (mukhtar/pin)

Komentar

News Feed