Akreditasi Ulang 17 Puskesmas di Sumenep Ditunda

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) KESEHATAN: Pelayanan puskesmas baru satu yang akreditasinya paripurna.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Status akreditasi pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Sumenep belum sepenuhnya memuaskan. Hal itu tercatat dari 30 puskesmas yang tersebar di 27 kecamatan sebagian besar masih berstatus dasar.

Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep Moh Nur Insan mengatakan, sampai saat ini masih sekitar 70 persen puskesmas akreditasi dasar.  Meskipun terakreditasi dasar, diakuinya pelayanannya sudah sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Untuk akreditasi ulang memang ada sekitar 17 puskesmas yang ditunda, untuk waktunya masih belum dijadwalkan, 8 sudah selesai. Tetapi untuk saat ini kapasitas puskesmas 70 persen masih tingkat dasar,” kata Nur Insan. Rabu (8/9/2021).

Dikatannya, dari 30 puskesmas tingkatan status akreditasinya berbeda-beda. Dengan rincian, 10 puskesmas terakreditasi dasar, 14 puskesmas terakreditasi madya, 5 puskesmas terakreditasi utama, dan 1 puskesmas terakreditasi paripurna.

“Sesuai dengan tingkatan hasil re akreditasi itu ada empat kriteria, paling rendah itu dasar, baru madya, terus utama, dan tertinggi itu paripurna,” jelasnya.

Kriteria penilaian akreditasi puskesmas meliputi sejumlah aspek. Di antaranya, ketersediaan sarana dan prasarana (sarpras), sumber daya manusia (SDM) pegawai, manajemen, peralatan medis, dan pelayanan kepada masyarakat.

”Tapi untuk yang di Puskesmas Guluk-Guluk sudah paripurna nilainya, itu merupakan capaian luar biasa bahkan satu-satunya di Madura,” paparnya.

Nur Insan menambahkan, bagi puskesmas dengan status paripurna atau utama, maka secara otomatis sudah mempunyai tanggung jawab lebih dari sebelumnya, selain pelayanan harus maksimal maka kualitas sarpras dan pendukung lainnya harus juga lebih maksimal.

“Semua puskesmas siap ikuti reakreditasi, tetapi saat ini masih belum ada informasi terkait pelaksanaannya,” pungkasnya. (ara/mam)

Status Tingkatan Akreditasi Puskesmas di Dinkes Sumenep

-10 puskesmas terakreditasi dasar.

-14 puskesmas terakreditasi madya.

-5 puskesmas terakreditasi utama.

-1 puskesmas terakreditasi paripurna.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *