oleh

Akreditasi Ulang Puskesmas Ditunda

Kabarmadura.id/Sumenep-Akreditasi lima tahunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dipastikan ditunda akibat Covd-19. Padahal, ada sejumlah puskesmas yang dijadwalkan akreditasi ulang tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinskes) Sumenep Agus Mulyono menjelaskan, sampai saat ini hanya sebanyak 5 Puskesmas yang sudah melakukan akreditasi ulang pada tahun 2019 dan selesai tahun ini.
“Memang setiap 5 tahun dan bisa dilaksanakan dalam rentang waktu 2,5 tahun diharuskan reakreditasi. sementara tahun yang lima itu tahun ini harus menyelesaikan atau juga ada target puskesmas yang harus diakreditasi lagi,” katanya, Senin (3/8/2020).

Kelima puskesmas itu, di antaranya di Kecamatan Dasuk, Guluk-Guluk, Pasongsongan, Talango, dan Pamolokan. Hasil penilaian dalam akreditasi itu berupa Dasar, Madya, Utama, dan Paripurna (Puskesmas Guluk-Guluk).

Sementara untuk jumlah yang harus diselesaikan tahun ini ada sekitar 17 dari 30 puskesmas jumlah keseluruhan di kabupaten paling timur Pulau Madura ini. Akan tetapi dari jumlah tersebut yang sempat diwajibkan selesai tahun ini untuk sementara ditunda terlebih dahulu.

“Rencana bulan Mei harus selesai tetapi berhubung ada Covid-19 maka sesuai petunjuk pusat ditunda terlebih dahulu, entah sampai kapan waktu yang ditentukan itu kami masih belum tahu,” imbuhnya.

Sementara untuk persiapan akreditasi ulang di 17 puskesmas menurut Agus dipasrahkan ke puskesmas masing-masing, sehingga pihaknya hanya meminta agar seluruh puskesmas mempersiapkan sematang mungkin.
“Itu tugas puskesmas, tapi memang kami berharap hasilnya bisa maksimal,” pungkasnya. (ara/pai)

Komentar

News Feed