oleh

Aksi Damai Warnai Rekapitulasi di KPU

Kabarmadura.id/SUMENEP-Hari pertama pelaksanaan rekapitulasi suara hasil pemilu 2019 di tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, diwarnai aksi damai oleh Laskar Lembela Islam (LPI) Sumenep.

Tujuan aksi damai, dalam rangka memberikan dukungan agar jalannya rekapitulasi yang bertempat di Islamic Centre Jalan Raya Batuan Sumenepagar terhindar dari indikasi kecurangan dalam rekapitulasi tersebut.

Ketua LPI Sumenep Husen Satriawan dengan tegas menyatakan bahwa kedatangan rombongan LPI ke Islamic Center semata hanya ingin memantau langsung jalannya rekapitulasi di tingkat kabupaten.

“Tujuan kami tidak ada lain, hanya ingin rekapitulasi di KPU ini, sesuai. Artinya tidak ada indikasi kecurangan apapun, maka dari itu kami melakukan aksi damai,” katanya, Selasa (30/4)

Husen juga menambahkan bahwa kedatangan rombongan LPI bukan berarti tidak percaya dengan kinerja KPU, selain di dalam gedung Islamic Center sendiri sudah banyak saksi, tapi aksi damai tersebut hanya ingin memantau dan berjaga-jaga langsung.
“Betul di dalam sudah ada saksi, tapi aksi damai ini, merupakan wujud support kami kepada mereka,” tuturnya
Pihaknya juga menyampaikan bahwa kurang lebih tiga ratus personil atau anggota yang ikut terlibat dalam aksi damai kali ini, artinya masih seperempat dari keseluruhan anggota LPI Sumenep.
” Anggota kami kurang lebih tiga ratusan, karena ini masih seperempat, ada dari Bekeong, Guluk-guluk, Ambunten, dan Dasuk belum datang,”
Aksi damai tersebut akan berlangsung hingga rekapitulasi selesai, pihaknya antar desa atau kecamatan akan bergantian dalam memantau jalannya rekapitulasi di tingkat kabupaten.

Sementara itu Ketua KPU Sumenep A Warits mengatakan bahwa pihaknya sebagai penyelenggara akan melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara sesuai dengan ketentuan.

“Kami sebagai penyelenggara akan bersikap netral dan profesional. Termasuk dalam rekapitulasi ini,” tandasnya. (km48/ong)

Komentar

News Feed