oleh

Aktif Mengabdi Sosial dengan Dua Roda

Kabarmadura.id/SUMENEP-Menjadi anggota dari komunitas hobi, bukan semata untuk berkumpul dan unjuk kekayaan sebagai komunitas sosialita. Namun, bersama-sama dengan anggota lainnya, menjadikan mereka secara aktif bergerak dalam aksi sosial.

Belakangan ini, terdapat tiga komunitas yang tidak segan melakukan aksi sosial secara mendadak, yakni Vixion Jari Modivikasi Sumenep (FJMS), Scoopy Club Sumenep (SCS) dan Pasongsongan Sepeda Pancal Club (PASEPAK). Ketiganya, selalu melakukan aksi sosial sesuai gayanya masing-masing.

Scoopy Club Sumenep (SCS) misalnya, secara rutin komunitas ini memberikan santunan terhadap anak yatim. Pada masa wabah Covid-9 saat ini, SCS juga mendistribusikan masker kepada warga dari dana yang berhasil dikumpulkan para anggotanya.

Anggotanya berasal dari kecamatan di Sumenep, seperti Pragaan, Lenteng, Batang, Batang, Ambunten, Talango, Dasuk serta di kecamatan lainnya.

“Tidak semua komunitas motor bertindak negatif, justru saat ini malah banyak kegiatan positif yang dilakukan oleh kebanyakan komunitas motor termasuk SCS,” kata Ketua SCS, Roni, Minggu (5/7/2020)

Terdapat 70 anak yatim yang disantuni. Selain sumbangan dari para anggotanya, mereka juga mendapatkan sumbangan dari donator. Tak heran, setiap anak yatim yang mendapatkan santunan dari komunitas dengan 50 anggota ini, nilainya bisa mencapai Rp1,5 juta.

“Untuk anak yatim pnyerahannya ke per orang panitia/pengurusnya langsung. Karena semua santunan dari SCS disatukan dan dibagi untuk 70 orang. Donatur luar jumlah semuanya Rp25juta,” paparnya

Kegiatan senada dilakukan komunitas Vixion Jari Modivikasi Sumenep (VJMS). Selama wabah Covid-19 ini, mereka rajin bagi-bagi masker dan berbagi takjil di Taman Tajamara saat bulan Ramadan lalu.

“Jadi, komunitas ini bukan hanya main gaya-gayaan saja,” kata Ketua VJMS Imam Zarkasyi.

Komunitas dengan 40 anggota ini rutin berkumpul di Tajamara Sumenep. Mereka berdiskusi serta berkegiatan, seperti silaturrahim ke rumah orang yang dianggap tidak mampu untuk dibantu.

Sedangkan Pasongsongan Sepeda Pancal Club (PASEPAK) yang sering melakukan aktivitas kesehatan setiap harinya, juga sering kerja bakti untuk kebersihan lingkungan, serta menjadi pelopor dalam menyalurkan bantuan sembako bagi warga terdampak wabah Covid-19.

Programnya utamanya, saban Sabtu dan Minggu gowes. Di sela-sela itu, saat di perjalanan, pernah sampai membantu masyarakat menanam padi dan memberikan penyadaran pada masyarakat untuk menggalakkan pola hidup sehat.

“Kami bukan hanya berolah raga sesama club. Tetapi, masyarakat juga terus diperhatikan melalui program, termasuk program yang bersentuhan langsung dengan warga,” pungkasnya anggota PASEPAK, Moh. Ramli. (imd/bri/waw)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed