Aktivitas Pecinta Burung Merbah Cerukcuk Semakin Menggeliat 

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) KONTES: Para penggemar Merbah Cerukcuk.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Aktivitas pecinta burung lokal seperti Merbah Cerukcuk mulai menggeliat. Komunitas pecinta Cerukcuk ini sudah sekitar 3 tahun berjalan. Di Sumenep hampir setiap kecamatan ada penggemarnya, sehingga dari semula tidak saling kenal satu sama lain, akhirnya melalui kontes-kontes yang digelar secara bergilir, akhirnya menjadi saling mengenal, hingga lahir jaringan-jaringan baru.

Salah satu koordinator asal Kecamatan Pragaan Khalifah mengatakan, bukan persoalan hadiah dari kontes tersebut, tapi ada yang lebih penting. Yakni dari sesama penggemar melahirkan pertemanan baru.

“Kan biasanya kontesnya di Kecamatan Rubaru, dan beberapa kecamatan lain, selalu ada orang baru, saling kenal, dan bahkan bisa membangun relasi,” kata dia. Minggu (28/3/2021).

Khalifah melanjutkan, relasi yang didapat mulai dari obrolan seputar bisnis, hobi, dan perbincangan positif lainnya. Sehingga hal itu menjadi penunjang dalam memberikan kemudahan-kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.

Dia menegaskan, jika berbicara finansial, tidak ada kerugian dan keuntungan yang signifikan, apalagi hadiah kontes hanya cukup sekadar pengganti bensin saja. Dan beberapa hadiah simbolis seperti piagam dan piala.

Secara luas, mengangkat nilai keberadaan burung Cerukcuk, bahkan ada yang mendapatkan untung dengan menjadi penjual. “Ada yang tiap malam itu mencari berkeliling. Sehingga banyak yang mendapatkan burung Cerukcuk dan dijual ke para penggemar. Cukup mahal kok harganya,” imbuhnya.

Menurutnya, jika hanya persoalan itu tidak terlalu menarik, karena dengan adanya kontes-kontes hampir di setiap kecamatan, dapat menambah pengalaman dan hubungan pekerjaan dan yang lainnya.

“Kami dari Karduluk dapat mempromosikan potensi desa kami, misalnya dengan menawarkan ukiran dan mebel. Tidak sedikit yang mesan, begitu sebaliknya,” pungkasnya. (ara/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *