Alami Trouble, Simulasi UNBK Hari Pertama Gagal

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/Bangkalan -Simulasi ujian Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Kamis (20/2) gagal. Pasalnya, dalam pelaksanaan simulasi tersebut terdapat sistem error. Di mana siswa tidak bisa mengakses soal simulasi UNBK. Berdasarkan keterangan Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Disdik) SMA/SMK Bangkalan, Sunarto,sistem error tidak hanya terjadi di Bangkalan, melainkan seluruhnya atau nasional.
“Sistem error atau trouble nasional, tidak bisa digunakan dan hari ini (kemarin, red) simulasi terakhir pindahan dari hari Senin karena dinas Pemprov mengambil kebijakan tidak usah didata dijadwalkan ulang hari itu juga, bisa diganti hari ini,” terangnya, Kamis (20/2).
Begitu juga menurut Sunarto, pengenalan soal UNBK kepada guru juga telah dilakukan. Untuk semua soal, masih menurut lelaki asli Surabaya ini, keseluruhan soal yang nantinya akan digunakan UNBK dari pusat. Sehingga, sekolahpun tidak bisa mengakses soal terlebih dahulu sebelum pelaksanaan UNBK berlangsung.
“Tidak ada yang dari daerah, langsung terpusat. Karena sekarang semua data satu pintu,” terangnya.
Jika berkaca dari simulasi yang telah berlangsung kemarin itu, Sunarto belum bisa menjelaskan, apakah tingkat kesulitan soal tahun ini lebih tinggi atau lebih rendah dari tahun sebelumnya. Sebab, menurut ia, saat simulasipun kegiatan dan foto soal di komputer tidak boleh dilakukan. Sehingga, hanya siswa yang mengikuti simulasi saja yang tau.
“Kalau itu kita belum bisa memprediksi, karena soal simulasipun tidak boleh difoto. Jadi hanya siswa yang tau,” paparnya.
Di tempat terpisah, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Bambang pur mengungkapkan, memang hari pertama simulasi di SMK mengalami kendala. Kendala tersebut yakni trouble atau sistem error. Sehingga, simulasi hari pertama dengan Mata Pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia ini dipindah kemarin, Rabu (19/2).
“Karena maintenence-nya error jadi kalau di Arosbaya sendiri dipindah hari Rabu,” ujarnya.
Dengan adanya sistem error pada simulasi pertama pelaksanaan UNBK 2020 ini. Lelaki yang juga menjabat sebagai Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Arosbaya ini berharap tidak terjadi ketika hari H pelaksanaan UNBK nanti. Pasalnya, jika pelaksanaan UNBK masih mengalami kendala akan dipastikan siswa yang akan mengikuti terganggu konsentrasinya.
“Kami sebagai perwakilan sekolah SMK di Bangkalan, berharap ini tidak terjadi ketika hari H pelaksanaan nanti. Dan saya harap nilai UNBK tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” pungkasnya.
UNBK sendiri untuk SMK akan serentak di gelar di seluruh Indonesia pada tanggal 16 Maret hingga 19 Maret. Di imana masing-masing kejuruan akan dihadapkan empat mata pelajaran. Yaitu Bahasa Indonesia pada hari pertama UNBK, Matematika, Bahasa Inggri dan Teori Kejuruan pada hari terakhir. (ina/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *