Alat Cetak KTP Tersedia di 4 UPT, 2 di Kepulauan

  • Whatsapp
(KM/IMAM MAHDI) TERWUJUD: Alat cetak KTP di empat UPT sudah siap dilaksanakan.

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil)akhirnya bisa melakukan desentralisasi cetak Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik. Hal itu setelah alat cetak KTP di 4 UPT sudah bisa dioperasikan. Kepala Dispendukcapil Sumenep Sahwan Efendi menyampaikan, alat cetak KTP di 4 UPT saat ini sudah siap dioperasikan.

“Alat cetak KTP di 4 UPT sudah siap semua,” katanya, Minggu (29/3/2020).

Diketahui, empat UPT yang dimaksud menaungi beberapa kecamatan yang terdiri dari UPT 1, UPT2,UPT3 dan UPT4. Untuk wilayah UPT 1 terpusat di Kecamatan Ganding yang membawahi Kecamatan Pragaan, Kecamatan Guluk-Guluk dan Kecamatan Lenteng. Untuk wilayah UPT 2 yakni Kecamatan Ambunten yang membawahi Kecamatan Pasongsongan, Kecamatan Rubaru, Kecamatan Dasuk serta Kecamatan Manding. Untuk wilayah UPT 3 terpusat di Kecamatan Gayam yang membawahi Kecamatan Masalembu dan Kecamatan Ra’as.

Khusus untuk percetakan KK dan akta kelahiran saat ini bisa dilakukan di masing-masing UPT. Untuk mencetak KK dan akta kelahiran tidak ribet, sebab menggunakan alat printer seperti biasanya. Sementara untuk KTP membutuhkan alat cetak khusus seharga Rp50-60 juta termasuk dengan blangkonya.

“Saat ini pemerintah sudah dapat mengopersikan. Namun, masyarakat saat ini tidak dapat mengurus KTP. Sebab, masih maraknya Covid-19,” paparnya.

Sementara itu Anggota Komisi I DPRD Sumenep Nurus Salam Salam mengatakan, dirinya bersyukur atas kesiapan alat cetak KTP di masing-masing UPT. Dengan demikian, saat ini tidak usah ribet lagi dalam mengurus KTP di Sumenep

“Jika sudah siap, maka dinas terkait juga wajib memperbaiki pelayanan yang ada. Sebab, tidak cukup pengadaan tanpa dibarengi dengan pelayanan yang mumpuni,” harapnya. (imd/pai)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *