Aliansi BEM se-Bangkalan Dorong Mahasiswa Evaluasi Kinerja Pemkab

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) SEMANGAT: Sejumlah aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi BEM Bangkalan Bersatu (AB3) saat melakukan deklarasi di Gedung Paripurna DPRD Bangkalan.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Aliansi BEM Bangkalan Bersatu (AB3) melakukan deklarasi di Aula Gedung Paripurna DPRD Bangkalan. Inti deklarasi tersebut yaitu mendorong agar para mahasiswa aktif melakukan evaluasi terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan. 

Presiden Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil Bangkalan (STAIS) Moh. Karror sekaligus Koordinator AB3 menuturkan, keberadaan AB3 sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi antara kampus satu dengan kampus yang lainnya. 

“Atas kesadaran itulah, Badan Eksekutif Mahasiswa se-Bangkalan bersatu, mengingat di Bangkalan belum ada perkumpulan BEM, Sehingga lewat lingkaran ini kita ingin juga ikut andil membangun Bangkalan,” katanya.

Menurut Karror, AB3 juga bertujuan membantu,  mengontrol, dan mengawal kebijakan pembangunan pemerintah daerah. Sebab, sebelumnya yang sering tampil ke permukaan adalah organisasi mahasiswa eksternal (ormek) di Bangkalan. “Maka dari itu, kami dari BEM se-Bangkalan ini segera dan secepat mungkin tampil ke permukaan sebagai agent of change,” tandasnya.

Selain itu, ia mengungkapkan, peran mahasiswa sebagai agen perubahan harus bisa dirasakan oleh masyarakat. Sehingga, status sebagai mahasiswa tidak hanya menjadi status yang kosong. Ia juga menambahkan, sebagai akademisi, mahasiswa tidak boleh buta pada kebijakan pemerintah. “Kita ini juga harapan dan wakil rakyat, hanya menyambi proses pendidikan perkuliahan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Bangkalan H. Syaiful Anam menyampaikan, apresiasi terhadap aktivis mahasiswa yang tergabung dalam AB3 tersebut. Menurutnya, inisiatif mahasiswa dalam menggalang persatuan adalah suatu komitmen aktivis mahasiswa dalam berperan memajukan Bangkalan. “Seperti seharusnya, itu integritas mahasiswa mewujudkan Bangkalan lebih sejahtera,” ucapnya.

Politisi Gerindra ini berharap, kehadiran generasi masa depan ini bisa membawa pintu kesejahteraan bagi masyarakat Bangkalan. Sebab, harapan masa depan dan kesejahteraan masyarakat Bangkalan ada di pundak mahasiswa. “Semoga dengan deklarasi AB3 ini, bisa membawa kemajuan dan perkembangan daerah,” ungkapnya.

Menurut Syaiful, para pemuda nantinya yang akan menjadi tongkat estafet kepemimpinan para wakil rakyat. Pihaknya dan para anggota DPRD Bangkalan siap bersinergi,membimbing, dan mendukung pergerakan mereka selama berkaitan dengan perbaikan dan kemajuan Bangkalan.

“Kami siap bersinergi, dan memang sudah tugas yang tua, memberikan pemahaman pada yang muda,” tutupnya.

10 Kampus yang Tergabung dalam AB3

  1. Stikes Ngudia Husada Madura (NHM)
  2. Sekolah Tinggi Agama Islam Syaichona Moh. Cholil Bangkalan (Stais)
  3. Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hamidiyah (Stamidiya).
  4. Universitas Trunojoyo Madura (UTM)
  5. Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Al Anwar (Stebia)
  6. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP) Bangkalan
  7. Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Hikmah (Staidi) Bangkalan
  8. Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Darussalam (Stiuda)
  9. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Ibrohimy Galis (Stital) Bangkalan
  10. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Miftahul Ulum ( Stitmu)

 

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *