Alihkan Program, Rp4 M untuk Alsintan di Sampang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ FATHOR RAHMAN)

KABARMADURA.ID, SAMPANG  – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan KP) Kabupaten Sampang tahun ini, menganggarkan pembelian alat mesin pertanian (Alsintan). Tidak tanggung-tanggung, anggaran pengadaan mencapai miliaran rupiah. Yakni, sebesar Rp4 miliar direncanakan untuk pembelian berbagai macam jenis mesin pertanian.

Mulai dari alat pembajak tanah (hand traktor) dan kultivator (penggulut). Alat tersebut, akan diberikan kepada sejumlah kelompok tani (Poktan) di Sampang. Berdasarkan informasi yang dihimpun Kabar Madura, sudah ada ratusan poktan yang mengajukan bantuan alsintan tersebut.

Bacaan Lainnya

Anggaran pengadaan alsintan merupakan pengalihan dari anggaran pembibitan tembakau. Sehingga anggarannya menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2021. Hal ini diungkapkan Kepala Dispertan KP Sampang Suyono, Senin (24/5/2021).

“Memang benar ini salah satu pengalihan programnya. Ditargetkan akan memaksimalkan hasil pertanian. Karena mesin ini sangat dibutuhkan oleh petani,” ujarnya.

Disinggung target jumlah penerima bantuan? Pihaknya enggan membeberkan secara pasti. Menurutnya, bantuan itu akan dialirkan ke poktan yang aktif dan belum memiliki mesin pertanian. ”Bahkan banyak yang sudah mengajukan permohonan, dan proposal yang terkumpul sudah seratus lebih poktan, tentu seleksinya cukup ketat,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan dan Hortikultura (KPH) Dispertan KP Sampang, Nurdin mengatakan, proposal pengajuan petani akan dievaluasi dan diseleksi. Pihaknya menyadari jika pengajuan itu, bertujuan untuk mempermudah petani dalam mengolah lahan dan hasil panen tembakau.

“Mudah.-mudahan bantuan alat ini bisa menunjang hasil produksi tembakau di Sampang, dan berpengaruh pada kesejahteraan petani. Seperti, mesin perajang daun tembakau serta sarana dan prasarana penunjang lainnya,” harapnya. (man/ito)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *