Aliran PDAM Bangkalan Tersendat, Warga Bongkar Pipa

(FOTO: KM/FATURROHMAN) KESAL: Beberapa warga membongkar pipa dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bangkalan lantaran selama dua minggu aliran tidak lancar.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Kecewa karena aliran air tidak mengalir dengan lancar, pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Desa Bandung Kecamatan Konang Bangkalan terpaksa membongkar induk pipa saluran pipa, Rabu (5/1/2022).

Salah satu warga Bandung H. Hafid mengaku, sudah dua minggu aliran air PDAM tidak lancar. Namun pembayaran tetap ditagih. Sedangkan aliran air tersendat-sendat. “Tidak lancar airnya, sudah ada dua minggu yang begini. Kalau pembayaran dari kami taat. Kalau malam, kadang ada kadang tidak ada,” ujarnya.

Menanggapi hal itu Kepala Bagian (Kabag) Administrasi dan Keuangan PDAM Bangkalan Bambang Hariyanto mengatakan, masalah air yang tidak lancar di Desa Bandung disebabkan masuk daerah dataran tinggi dan masalah listrik yang tidak menentu.

Bacaan Lainnya

“Disana itu dataran tinggi, sedangkan kami ketahui bersama beberapa hari ini cuaca tidak menentu. Jadi disana itu sering mati lampu. Kalau lampunya mati, mau menggunakan tenaga apa untuk mengalirkan,” responnya.

Menurutnya, jika listrik normal dipastikan masalah air tidak akan terjadi. Sedangkan jika listrik padam, maka menimbulkan gelembung udara di dalam pipa. Sehingga udara yang ada didalam pipa itu harus dibuang agar air berjalan normal. Selain itu lanjut Bambang, penggalian pipa yang dilakukan warga setelah melakukan diskusi untuk memecahkan jalan tengahnya dan warga menyepakati untuk dilakukan injeksi sementara.

“Mereka bergotong royong untuk menggali sendiri, tetapi tetap dalam pengawasan petugas PDAM. Jadi dibongkar itu, untuk mengatasi agar udara di dalam pipa keluar dan diganti dengan pipa baru,” jelasnya.

Reporter: KM62

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.