oleh

Aliyadi Dorong Pengembangan Desa Wisata Tumbuhkan Ekonomi

KABARMADURA.ID, Surabaya – Ketua Komisi B DPRD Jatim Aliyadi Musfota terus berikhtiar mendorong penguatan ekonomi masyarakat. Salah satu inovasi yang dilakukan yakni mendorong pengembangan desa wisata.

Menurut Aliyadi, setiap desa memiliki potensi berbeda. Mulai dari potensi alam, potensi seni dan budaya serta kuliner. Sejauh ini, potensi tersebut belum termanfaatkan dengan baik sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap perekonomian masyarakat.

Melihat kondisi itu, politikus PKB itu berharap ada perhatian penuh dari pemerintah untuk mengelola potensi tersebut. Yakni, dengan pembentukan desa wisata. Tiap desa harus mengelola potensi yang ada sebagai lokomotif perekonomian.

Aliyadi yakin, jika potensi desa dikembangkan dengan baik, akan berdampak signifikan terhadap perekonomian masyarakat. Usaha-usaha kecil akan bermunculan. Lapangan pekerjaan juga akan terbuka sehingga bisa menekan angka pengangguran.

”Kami berkeinginan bagimana potensi desa ini bisa dikelola dengan baik. Salah satunya, dengan pembentukan desa wisata. Sudah banyak desa yang lebih sejahtera setelah berhasil mengelola potensi yang ada,” katanya, Rabu (4/11/2020).

Legislator peraih suara terbanyak nasional di internal PKB pada pileg 2019 lalu itu mengaku sudah ada langkah taktis yang dilakukan. Salah satunya, berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur.

Hasilnya, gagasan besar itu disambut baik oleh eksekutif. Kebijakan strategis juga akan dilakukan dalam rangka mendorong percepatan pembangunan desa wisata di Jawa Timur.

”Semoga desa wisata ini segera terwujud sehingga perekonomian masyarakat semakin membaik,” harapnya.

Mantan Anggota DPRD Sampang itu menyampaikan, kondisi ekonomi anjlok pada masa wabah Covid-19. Dengan demikian, butuh terobosan dan langkah nyata agar kondisi ekonomi tersebut segera pulih.

Dirinya melanjutkan, peningkatan ekonomi harus dimulai dari desa-desa. Semua potensi desa yang ada harus bisa dikembangkan secara maksimal sehingga pada muaranya, juga akan mendukung peningkatan pembangunan.

“Kami di Komisi B akan perjuangkan nasib masyarakat, termasuk dari sektor perekonomian,” tukas Gus Aliyadi. (pin)

Komentar

News Feed