oleh

Aliyadi Mustofa Ajak Masyarakat Jadikan HUT RI ke-75 Momentum untuk Bangkit dari Keterpurukan

Kabarmadura.id/Surabaya-Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75 berbarengan dengan wabah Covid-19. Wabah yang sejak beberapa bulan terakhir membuat perekonomian masyarakat terpuruk.

Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur (Jatim) Aliyadi Mustofa, mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan peringatan HUT RI ke-75 sebagai sepirit kebangkitan dari keterpurukan tersebut.

Aliyadi mengakui, wabah Covid-19 sangat berdampak pada sendi-sendi kehidupan. Tidak hanya sektor kesehatan, akan tetapi sistem perekonomian masyarakat juga ikut terpuruk akibat wabah yang sudah menjangkiti lebih dari 100 ribu warga Indonesia tersebut.

Tidak heran kemudian, banyak warga yang kehilangan pekerjaan hingga kehilangan sumber pendapatan akibat dari adanya pembatasan aktivitas.

Kendati pun pemerintah sudah berupaya meringankan beban perekonomian masyarakat dengan berbagai program bantuan sosial (bansos), namun menurut Aliyadi, jumlah bantuan yang terbatas tidak bisa sepenuhnya memenuhi segala kebutuhab masyarakat.

Oleh karenya lanjut Aliyadi, masyarakat butuh solusi kreatif agar tetap bisa bertahan hidup dalam melawan wabah Covid-19.

“Bersamaan dengan momentum HUT RI ke-75 ini, saya mengajak masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan dan bersama-sama memenangkan perjuangan melawan Covid-19,” ajaknya, Minggu (16-8-2020).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut, salah satu jalan agar masyarakat bisa memenangkan perjuangan melawan Covid-19, dengan menggerakkan ekonomi desa.

Dengan memanfaatkan segala potensi desa secara optimal, dirinya yakin, masyarakat akan mampu keluar dari keterpuruka ekonomi yang diaibatkan oleh wabah Covid-19.

Aliyadi menyebut, optimalisasi produk usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan industri kecil menengah (IKM) berbasis potensi desa, ekonomi masyarakat di desa akan bergerak positif.

Selain itu, peningkatan produksi pertanian diyakini juha mampu mendongkrak ekonomi masyarakat.

Terlepas dari potensi desa itu, Aliyadi mengatakan, butuh keseriusan pemerintah dalam melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap masyarakat dan petani di desa untuk terus berinovasi dalam menumbuhkan ekonomi di desa.

Mantan Anggota DPRD Sampang itu berharap, seluruh elemen pemerintahan bersatu padu untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi. Sebagai wakil rakyat, dirinya senantiasa akan mengawal program pemerintah untuk peningkatan ekonomi desa itu.

“Saya akan berjuang untuk mengawal kesejahteraab masyarakat,” tutup peraih suara terbanyak pada Pemilu 2019 itu. (pin)

Komentar

News Feed