Aliyadi Mustofa: Perpres 82/2021 Kado Indah Hari Santri

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ ALI WAFA) ATAS NAMA SANTRI: Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Aliyadi Mustofa mengapresiasi langkah bijak Presiden Jokowi telah menandatangani Perpres 82/2021.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN-Presiden Joko Widodo resmi menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021. Regulasi tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren itu diresmikan pada 2 September 2021. Perpres tersebut merupakan turunan dari Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Tepatnya pada pasal 49 ayat 1 dan 2.

Kebijakan orang nomor wahid di Republik Indonesia itu mendapat apresiasi dari kalangan santri.. Salah satunya datang dari Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur, Aliyadi Mustofa. Dia menilai, perpres tersebut merupakan kado indah menjelang Hari Santri Nasional (HSN) yang digelar setiap 22 Oktober 2021.

Bacaan Lainnya

“Perpes ini semakin mempertajam undang-undang pesantren yang sudah disahkan sebelumnya,” ucap politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Menurut Aliyadi, langkah presiden sangat baik dan sangat bermanfaat untuk perkembangan pondok pesantren. Bahkan, dia mengatakan, pesantren memang layak mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Sebab, kontribusi pesantren dalam membantu kemajuan Indonesia sangat besar dan nyata.

Alumni Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyepen, Pamekasan itu mengatakan, selama ini, pesantren telah banyak melahirkan tokoh-tokoh nasional yang memiliki peran strategis dan penting dalam menjaga kedaulatan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahkan, berdirinya NKRI tidak bisa lepas dari peran para ulama dan santri.

“Regulasi tentang dana abadi pesantren ini sejak lama dinantikan. Saya mewakili kaum santri dan kalangan pondok pesantren sangat berterima kasih dan memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada Presiden Jokowi atas ditandatanganinya perpres dana abadi pesantren ini,” ungkap Aliyadi.

Pasal 23

  • Pemerintah menyediakan dan mengelola Dana Abadi Pesantren merupakan bagian dari dana abadi pendidikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan.
  • Dana Abadi Pesantren bertujuan untuk menjamin keberlangsungan program pendidikan pesantren bagi generasi berikutnya sebagai bentuk pertanggungjawaban antargenerasi.
  • Pemanfaatan Dana Abadi Pesantren sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dialokasikan berdasarkan prioritas dari hasil pengembangan dana abadi pendidikan.
    (4) Pemanfaatan Dana Abadi Pesantren sebagaimana dimaksud pada ayat (3) digunakan untuk penyelenggaraan fungsi pendidikan Pesantren.

Pasal 24

Mekanisme pemanfaatan dana abadi pesantren sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *