Alokasi CSR Bank Jatim Tidak Sesuai Harapan Pemkab Bangkalan

(KM/HELMI YAHYA) JELAS: Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman memastikan alokasi dana CSR-nya kepada Bangkalan sesuai kemampuan perusahaan.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN-Dana corporate social responsibility (CSR) dari Bank Jatim untuk Bangkalan dinilai kurang. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan hanya mendapat jatah CSR senilai Rp250 juta berbentuk mobil perpustakaan keliling.

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron menilai, jika Anggaran Perencanaan Belanja Daerah (APBD) Bangkalan nilainya mencapai Rp2,4 triliun dan CSR sebesar 2,5 persen, alokasi Rp250 juta tersebut tidak sesuai harapan.

“Yang kami ajukan sebenarnya lebih dari ini, tapi mungkin karena kondisi pandemi, jadi belum bisa,” tuturnya.

Bacaan Lainnya

Sedangkan mengenai alokasi dana yang disesuaikan dengan keuntungan transaksi daerah, bupati berharap, nanti akan ada tambahan di kesempatan lain di tahun ini.

Saat dikonfirmasi ke Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, disampaikan bahwa alokasi dana CSR yang diberikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan.

“Tahun ini kami berikan mobil perpustakaan keliling, karena itu yang saat ini dibutuhkan,” kata Busrul.

Dikatakan pula, jumlah dana CSR yang diberikan juga terbatas, karena untuk seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur, Bank Jatim mengalokasikan sebesar Rp25 miliar.

“Saya kira, kemampuan kami ini sudah sesuai dengan alokasi pembagian di Jatim,” jelas Busrul tentang CSR Rp250 juta untuk Pemkab Bangkalan yang sudah dianggap pantas.

Diklaim pula, CSR yang diberikan sudah sesuai dengan pengajuan dan kebutuhan Bangkalan. Tahun 2022 ingin fokus pada pengembangan pendidikan, sehingga pihaknya memberikan mobil perpustakaan keliling.

Selain itu, mengenai defiden atau keuntungan yang didapatkan dari dana transaksi yang dilakukan di banknya, memang disesuaikan dengan kemampuan finansial dari pemerintah daerah.

“Kami sesuaikan dengan kemampuan finansialnya, karena itu juga yang menjadi profit kami,” tutur dia.

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.