Alot, Tatib Diperkirakan Selesai 15 Hari

  • Whatsapp

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Tim Penyusun Tata Tertib (Tatib) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan sudah mulai membahas mulai hari Senin (23/9). Pembahasan berlangsung alot. Diperkirakan, penyusunan tatib akan selesai dalam 15 hari ke depan.

Berdasar pantauan Kabar Madura, pembahasan tatib sempat diwarnai interupsi dan beberapa masukan dari peserta.

Ketua Tim Penyusun Tatib Ach Tatang menyampaikan, untuk pembahasan perdana berkaitan dengan pasal-pasal awal yang sifatnya lumrah lakukan di setiap DPRD kabupaten lainnya.

Ketua dari Fraksi Madani itu menyampaikan, pembahasan akan diteruskan sampai semua tuntas dan sesuai dengan perundang-undangan yang ada. Hal itu membutuhkan waktu tidak sebentar.

“Mungkin bisa dalam setengah bulan kita rampungkan. Sudah hampir sepertiga ya sepertiga dari materi-materi tatib,” ujarnya.
Ditambahkan olehnya, ada beberapa revisi dari tatib lama yang sudah disepakati dan juga ada beberapa hal yang perlu ditambah dan dikurangi dalam pembahasan, karena hasil dari pembahasan tersebut harus dipatuhi oleh 45 orang anggota DPRD Pamekasan.

“Karena ini mengatur kita di 45 orang di kelembagaan, mengatur rumah tangga kita sendiri,” paparnya.

Untuk pembasannya dia mengaku tidak terlalu rumit. Tidak sama halnya ketika membahas peraturan daerah (perda) yang harus melibatkan pihak lain yakni eksekutif.
Ada pembahasan yang menurutnya penting dan disuarakan dalam rapat tim penyusun tatib yakni berkaitan dengan lambang DPRD Pamekasan. Selama ini, DPRD memakai lambang Pemkab Pamekasan.

“Kita sekarang mencoba mengadopsi apa yang digunakan oleh DPR RI maupun DPRD kota/kabupaten maupun provinsi,” pungkasnya.
Untuk diketuahui tim penyusun tatib merupakan perwakilan dari 7 fraksi yang telah terbentuk di DPRD Pamekasan. (rul/pai)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *