oleh

 AmalkanTri Dharma Perguruan Tinggi, Gamasa Galang Dana untuk Warga Miskin

KABARMADURA.ID;SAMPANG-Gabungan Mahasiswa Sampang (Gamasa) mengadakan Gerakan Peduli Sosial (GPS) dengan cara penggalangan dana sejak 22 Januari-14 Februari 2021. Hal itu dilakukan sebagai wujud perhatian kepada warga misikin atau kurang mampu yang ada di wilayah Sampang.

Dari penggalan dana tersebut diperoleh 25 paket sembako yang akan disebar ke 9 desa di lima kecamatan. Harapannya, bantuan diharapkan sedikit meringankan beban biaya persiapan menjelang Ramadan. Adapun satu paket bantuan terdiri dari beras, minyak goreng, telur, kecap, dan mei goreng dan ditambah dengan uang tinai sebesar Rp500 ribu.

Ketua Gabungan Mahasiswa Sampang (Gamasa) Azam Riadi menyampaikan, sejatinya Gamasa ini merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang dimotori oleh kalangan mahasiswa. Adapun kegiatan sosial ini bukanlah pertama kali, tetapi tindak lanjut dari program-program tahun sebelumnya.

Dijelaskannya, karena organisasi tersebut tidak sama dengan organisasi yang sudah ada anggaran baksosnya, pihaknya meminta uluran tangan dari warga setempat.

“Berbicara anggaran kami tidak punya anggaran. Cuma, sebagai bentuk hadirnya rasa perihatin kepada masyarakat yang kurang mampu, kami melakukan penggalangan dana di pertigaan jalan dan pasar-pasar,” tuturnya kepada Kabar Madura, Minggu (11/4/21).

Ia menuturkan, tindakan itu sebagai pengabdian diri dan menjadi program di Gamasa, selain itu, untuk mengaplikasikan salah satu tri darma perguruan tinggi, yaitu pengabdian masyarakat.

“Semuanya ada 9 desa, dan sekarang ini Dusun Manggajang, Desa Palenggiyan Kecamatan Kedungdung,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Lapangan (Korlap) Baksos Gamasa, Ali Wafa, menuturkan bahwa gerakan peduli sosial ini merupakan program organisasinya, sehingga dari tahun ke tahun program tersebut tetap dilaksanakan. Meski, untuk anggarannya harus melakukan penggalangan dana.

“Bantuan seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang kurang mampu, apalagi kondisi ekonomi seperti ini, akibat adanya wabah Covid-19,” singkatnya. (mal/maf)

 

Komentar

News Feed