Amankan 5 Ribu Rokok Ilegal di Bangkalan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) Zainul Arifin Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Madura.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Petugas Kantor Bea Cukai Madura berhasil mengamankan 5 ribu bungkus rokok ilegal di Bangkalan. Rokok tersebut, mayoritas didistribusikan di Pasar Tradisional dan juga pedagang kaki lima (PKL) atau warung kopi. Hal ini diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Madura Zainul Arifin, Rabu (15/9/2021).

Menurutnya, pengetahuan tentang penjualan dan konsumsi rokok ilegal masih masif. Sehingga masih banyak ditemukan rokok ilegal. Jika mengacu pada razia rokok ilegal yang dilakukan sekitar seminggu lalu, sebanyak 5 ribu bungkus rokok ilegal hingga satu mobil pikap yang berhasil diamankan.

Bacaan Lainnya

“Saya kira memang kurang sosialisasi dan edukasi, karena banyak yang tidak tahu. Karena belum semua daerah yang kami razia sudah ada ribuan rokok ilegal. Kami kemarin hanya menyisir lima kecamatan saja, sudah ada 5 ribu rokok ilegal dengan bungkus yang berbeda-beda,” ujarnya.

Dia menuturkan, Bangkalan memang menjadi sasaran distribusi pasar penjualan berbagai rokok tanpa pajak tersebut. Sedangkan objeknya para PKL dan juga pedagang di Pasar Tradisional. “Saat kami melakukan perampasan, kami juga beri edukasi, jadi ini kami anggap peringatan pertama,” ucapnya.

Jika nanti para penjual masih mengulangi lagi, maka sanksi akan ditingkatkan. Baik berupa sanksi denda maupun sanksi pidana. Hanya saja, karena memang kebanyakan dari penjual tidak memahami tentang produksi rokok ilegal. “Kami usahakan beri edukasi dulu, semoga mereka tidak mengulangi,” paparnya.

Sementara itu, salah satu penjual rokok ilegal di Toko Wuriko menyampaikan, berjualan rokok ilegal juga memberikan keuntungan lebih besar. Sebab, pembeli juga kadang tidak melulu mencari rokok yang legal. “Karena banyak peminatnya, makanya kami ikut menjual,” responnya.

Bahkan dia mengaku, sudah mengetahui jika berjualan rokok ilegal dilarang oleh pemerintah. Namun lantaran usaha toko lebih mengejar keuntungan, tentu harus menyediakan. “Yang laku keras yang kami jual, tapi kalau nanti sampai di pidanakan, kami akan pikirkan kembali,” tegasnya.

Peredaran Rokok Ilegal

  • Para PKL
  • Pasar Tradisional

Faktor Ketertarikan PKL Menjual Rokok Ilegal

  • Keuntungan
  • Minim pengetahuan

Lima Kecamatan Sebaran Rokok Ilegal

  • Klampis
  • Arosbaya
  • Socah
  • Kamal
  • Bangkalan

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *