Ambulans Puskesmas Belum Memadai,  Pemkab Bangkalan Rencanakan Tambah Lima Unit pada 2022

(FOTO: KM/HELMI YAHYA) BELUM MEMADAI: Pemerintah Kabupaten (Bangkalan) merencanakan menambah lima unit ambulans puskesmas pada tahun 2022, sebab banyak ambulans yang rusak dan tidak layak pakai.

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Spesifikasi mobil ambulans di setiap puskesmas Bangkalan dinilai belum memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Terutama ketika dibutuhkan di saat darurat. Salah satu sopir ambulans, Ahmad Sulton, menyampaikan bahwa selama memberikan pelayanan gawat darurat, belum ada mobil ambulans yang cukup nyaman.

. “Ada yang mesinnya kasar, ada yang suspensinya tidak enak, jadi kadang membuat pasien juga tidak nyaman,” katanya menceritakan.

Bahkan menurut Sulton, ada beberapa mobil ambulans yang mesinnya mengalami kerusakan. Sebab itu, pengemudi dan penumpang ambulans harus selalu dalam keadaan siaga.

Bacaan Lainnya

“Mobil ini kan untuk keadaan darurat, jadi sebisa mungkin harus terus dalam keadaan siap,” tuturnya.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan Sudiyo juga menuturkan, ambulans di setiap puskesmas kurang ideal. Sebab itu, ia berupaya untuk memenuhi ketersediaan ambulans. “Kami memang keterbatasan anggaran, dan ini sifatnya harus merata,” ucapnya.

Menurut Sudiyo, ada banyak mobil ambulans yang kurang nyaman digunakan. Bahkan baru tahun 2021 ada mobil ambulans dengan spesifikasi dan sarana lengkap. Tahun 2022 mendatang, ia mengaku akan ada tambahan ambulans. “Sekarang kita upayakan kualitas. Jadi akan jadi prioritas pertimbangan,” terangnya.

Rencananya, pengadaan mobil ambulans tahun depan sebanyak lima unit, yang anggarannya berasal dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) 2022.  “Kita tidak cari yang mahal, asal nyaman untuk pelayanan darurat, ini sudah cukup,” tuturnya.

 

Reporter; Helmi Yahya

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.