Cara Desa Alang-Alang Tingkatkan Produktivitas Pertanian

  • Whatsapp
(FOTO: PEMKAB BANGKALAN FOR KM) DIRESMIKAN: Kades Alang-Alang Fahrur Rozi bersama Wakil Bupati Bangkalan Mohni meluncurkan koperasi pertanian.

KABARMADURA.ID | Desa Alang-Alang, Kecamatan Tragah terus berinovasi. Kali ini inovasi itu diperuntukkan untuk pertanian. Hal tersebut melihat Bangkalan secara geografis merupakan daerah dengan mayoritas lahan pertanian. Upaya-upaya peningkatan produktivitas pertanian dengan menggencarkan pendirian koperasi pertanian.

FAIN NADOFATUL M, BANGKALAN

Kepala Desa (Kades) Alang-Alang Fahrur Rozi mengatakan, koperasi yang bergerak di pertanian didirikan untuk menjawab tantangan zaman. Selain itu, dengan adanya koperasi tersebut mampu membantu kebutuhan masyarakat desa dalam membudidayakan hasil tani. Khususnya warga desa Alang-Alang yang merupakan mayoritas penduduknya bercocok tanam.

Baginya, pertanian bukan hanya dijadikan sandang pangan saja. Tetapi dengan pertanian harus masuk menjadi pengusaha yakni bidang pertanian. Hal tersebut yang mendasarinya membangaun koperasi pertanian. 

“Namanya Koperasi Produsen Tragah Maju Jaya. Nanti sistemnya tidak akan berupa simpan pinjam,” katanya.

Koperasi tersebut, Rozi (Panggilan akrabnya) menyebutkan, koperasi itu akan menyediakan segala jenis kebutuhan yang berhubungan dengan pertanian, termasuk  alat pertanian.

“Koperasi kami akan memberikan agenda untuk memberikan pendampingan langsung terkait edukasi pertanian,” paparnya. 

Dengan adanya koperasi yang didirikannya itu, ia berharap petani desa Alang-Alang mampu memberikan perubahan dengan adanya bahan yang sudah tersedia di koperasi.

Dia juga bertekad menjadikan petani di desanya menjadi pengusaha tani Indonesia yang mampu bersaing dalam bidang pertanian. 

“Kami berencana akan menjadikan petani Desa Alang-alang sebagai milyarder dengan mengelola hasil pertaniannya sendiri dengan memanfaatkan koperasi yang kami miliki,” tandasnya.

Redaktur: Mohammad Khairul Umam 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *