Anggaran Bansos Pamekasan hanya Cukup untuk 4 Bulan

  • Whatsapp
(FOTO :KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) PETUNJUK PUSAT: Beberapa petugas Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan yang sedang mengangkut bansos.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Pamekasan menyiapkan sebesar Rp6 miliar untuk bantuan sosial warga terdampak wabah Covid-19.

Jumlah anggaran tersebut, sebagaimana disampaikan Kepala Dinsos Pamekasan, Syaiful Anam, bukan untuk anggaran sepanjang tahun. Diakuinya, dengan alokasi anggaran tersebut, hanya mampu untuk membantu warga penerima dalam durasi 4 bulan.

Bacaan Lainnya

“Secara anggaran yang kami ajukan hanya untuk empat bulan,” ungkapnya saat dikonfirmasi di kantor Dinsos Pamekasan, Kamis (30/4/2020).

Terhadap kemungkinan upaya penanganan wabah Covid-19 masih berlanjut hingga akhir tahun, Syaiful mengungkapkan bahwa pihaknya masih menunggu adanya perintah dan petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

“Kalau kondisinya masih perlu perpanjang waktu, ya kami harus menunggu petunjuk dan perintah dari pemerintah. Karena proses adanya anggaran ini juga atas amanat dari pemerintah,” imbuhnya.

Para penerima bansos melalui Dinsos Pamekasan tersebut, yakni korban terdampak isolasi wabah Covid-19 dan Forum Becak dan Ojek (Forbek). Berdasar tabulasi data yang diterima dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan, warga yang terdampak langsung karena keluarga pasien Covid-19 sebanyak 158 keluarga, 1.292 orang forum becak dan ojek.

“Namun tidak semerta merta kami tetapkan, tetap dilakukan langkah verifikasi, dan aparat desa termasuk kepala desa yang berada di masing-masing wilayah,  kalau yang terdampak isolasi jelas sumbernya dari dinkes,”ungkapnya.

Diakuinya, ada kemungkinan jumlah penerima pada bulan kedua dan selanjutnya akan bertambah jumlah penerimanya. Sebab, urai Syaiful, pendataannya terus dilakukan pemutakhiran untuk memastikan masyarakat yang terdampak bisa mendapatkan haknya yang berupa bantuan dari Pemkab Pamekasan.

“Yang jelas akan bertambah apalagi, bisa korban isolasi. Mudah-mudahan kami berdoa semua barangkali ini sebagai wujud, permohonan kita kepada al Khaliq  yang kuasa, bagaimana covid-19 ini cepat berlalu,”pungkasnya. (rul/bri/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *