Anggaran Beasiswa di Bangkalan Menurun, Kuota Bertambah

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FA'IN NADOFATUL M.) DANA PENDIDIKAN: Nominal beasiswa yang akan diberikan terhadap siswa berprestasi tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2020 kemarin.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Nominal program beasiswa berprestasi dan tidak mampu tahun ini dikurangi. Sedangkan, kuota penerima bertambah. Bahkan, realisasi dan persyaratan administrasi berbeda dari tahun sebelumnya akibat refocusing. Hal tersebut diungkapkan Kasubag Perencanaan dan Evaluasi Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Fitria, Kamis (29/7/2021).

Menurutnya, beasiswa ini diperuntukkan bagi lembaga pendidikan mulai sekolah dasar (SD), madrasah ibtidaiyah (MI), sekolah menengah pertama (SMP), madrasah tsanawiyah (Mts), madrasah aliyah (MA), sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK) dan perguruan tinggi. Jika tahun sebelumnya, siswa hanya melampirkan prestasi akademik maupun non akademik di tingkat kabupaten, tahun ini melampirkan sertifikat juara minimal di tingkat provinsi.

“Tahun ini harus berjenjang, minimal berprestasi tingkat provinsi hingga nasional. Kalau tingkat provinsi, otomatis kan ada seleksi prestasi tingkat kabupaten. Pemberian beasiswa jenjang SD hingga SMP diambil dari juara 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 tingkat nasional,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, salah satu alasan hanya juara nasional untuk jenjang SD hingga SMP sederajat lantaran keterbatasan anggaran. Terlebih, lembaga pendidikan tingkat SD hingga SMP merupakan naungan dari Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan (Kemendikbud). Sehingga, prestasi yang diraih harus selaras tingkat nasional.

Begitupula dengan prestasi jenjang SMA dan SMK sederajat minimal se-Provinsi. Sedangkan, besaran beasiswa yang disediakan untuk lembaga pendidikan umum sekitar Rp122.500.000 dengan kuota penerima sebanyak 49 siswa. Jumlah keseluruhan beasiswa mulai dari jenjang SD hingga perguruan tinggi mencapai Rp514.500.000.

“Prestasi yang dilampirkan atau dimiliki bisa dari juara pada kompetisi sains nasional (KSN), kompetisi sains madrasah (KSM), juara berjenjang maupun event atau perlombaan berjenjang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Disdik Bangkalan Bambang Budi Mustika menambahkan, setiap penerima akan mendapatkan beasiswa dengan nominal bervariasi. Tergantung dari perolehan prestasi yang mampu diraih para siswa. Jika semakin tinggi prestasi yang diperoleh, akan semakin tinggi pula nominal beasiswa yang akan diterima.

“Jenjang SD, SMP sederjat juara 1 sebesar Rp3,5 juta, juara 2 Rp3 juta dan juara 3 Rp2,5 juta untuk prestasi tingkat nasional. Juara harapan 1 sebanyak Rp2 juta, juara 2 Rp1,5 juta dan juara harapan 3 sebanyak Rp1 juta. Untuk prestasi tingkat internasional sebesar Rp4 juta dengan diambil juara pertama. Dimana, masing-masing prestasi tingkat internasional ini akan diambil sebanyak dua orang baik dari juara 1 dan juara harapan 1,” tambahnya. .

Sedangkan jenjang pendidikan umum SMA, SMK sederajat, juara 1 Rp2 juta, 2 Rp1,5 juta dan 3 Rp1 juta untuk tingkat provinsi. Untuk tingkat internasional pada jenjang ini, akan diambil sebanyak 9 orang untuk juara 1, 2 dan 3. Nominalnya, juara 1i Rp3,5 juta, 2 Rp2,5 juta dan 3 sebesar Rp2 juta. “Masing-masing sudah kami berikan kuota, kami sesuaikan dengan anggaran. November mungkin akan kami realisasikan,” tukasnya. (ina)

Anggaran dan Kuota Beasiswa

  • Tahun 2020 Rp520 juta
  • Tahun 2021 Rp514 juta
  • Tahun 2020 30 siswa
  • Tahun 2021 49 siswa
  • Nominal beasiswa Rp4,5 juta di tahun 2020
  • Nominal beasiswa Rp4 juta di tahun 2020

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *