Anggaran BOS Afkin Rp1,2 M di Sumenep Tertahan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) NGENDAP: Pencairan dana BOS afkin khusus SMA/SMK/SLB menunggu juknis.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Dana bantuan operasional sekolah (BOS) afirmasi dan kinerja (afkin) untuk sekolah menengah atas (SMA) sederajat masih mengendap di rekening sekolah. Bantuan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021 senilai Rp1,2 miliar itu masih belum bisa dicairkan. (Selengkapnya lihat grafik)

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Jawa Timur Wilayah Sumenep Syamsul Arifin mengatakan, dana BOS Askin sudah masuk pada rekening sekolah. Namun, dana tersebut belum bisa digunakan karena petunjuk teknis (juknis) belum keluar.

Bacaan Lainnya

“Dana BOS afkin sudah masuk rekening sekolah, namun belum dapat diambil,” katanya, Senin (20/9/2021).

Dijelaskannya, juknis yang dimaksud yakni untuk mengatur khusus agar penggunaan dana tidak terjadi double accounting atau kesamaan penggunaan dengan BOS reguler. Pihaknya berjanji dalam satu minggu lagi akan mengumpulkan 13 kepala sekolah untuk menjelaskan penggunaan dana BOS afkin tersebut.

“Kami khawatir dana tidak digunakan sebagaimana juknis yang ada,” paparnya.

Pria yang akrab disapa Syamsul itu menuturkan, pada umumnya dana BOS afkin digunakan untuk pembelian buku, alat tulis kantor (ATK), dan lainnya. Sehingga dana tersebut dapat mendukung sekolah untuk lebih maju dengan prestasi kerja sekolah.

“Pembelian dilakukan pada sistem informasi pengadaan sekolah (SIPLah), harga tersebut dapat terjangkau dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Dikatakan, dana BOS afkin SMA/SMK sederajat tersebar di 13 sekolah, untuk BOS afirmasi terdapat 6 sekolah dan BOS kinerja yakni khusus program sekolah penggerak terdapat 7 sekolah.

“Sekolah BOS afirmasi semuanya terdapat di daerah kepulauan sedangkan BOS kinerja terdapat di sekolah daratan,” ucapnya.

Diketahui, Penerima BOS afkin 2021 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi(Kepmendikbud Ristek) Nomor 2010/P/2021 tentang Sekolah Penerima Dana Bantuan Operasional Sekolah Kinerja dan Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi Tahun Anggaran 2021.

Sementara itu, Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)1 Bluto Abu Amin Dasuki mengakui, meski dana sudah masuk pada rekening sekolah, namun dana itu belum dapat diambil. Pihaknya masih menunggu juknis.

“Kami masih akan konsultasi pada Cabdin Jawa Timur Wilayah Sumenep mengenai pencairan ini,” tukasnya.

*Data BOS Afkin SMA/SMK 2021

-Penerima Afirmasi SMA

  1. SMKS Nurul Islam: Rp50 juta.
  2. SMA Nahdlatul Ulama’: Rp50 juta.
  3. SMA Nurul Hasan: Rp50 juta.
  4. SMA Islam Pagerungan Besar: Rp50 juta.
  5. SMA DDI Air Hidup Keramaian: Rp50 juta.
  6. SMA Lukmanul Hakim: Rp50 juta.

*Total: Rp300.000.000

-Penerima BOS Kinerja:

  1. SMAN 1 Bluto: Rp130 juta.
  2. SMAN 1 Kalianget: Rp130 juta.
  3. SMAN 1 Gapura: Rp130 juta.
  4. SMAN Ambunten: Rp130 juta.
  5. SMA Muhammadiyah 1 Sumenep: Rp130 juta.
  6. SMA Plus Miftahul Ulum Pandian Sumenep: Rp130 juta .
  7. SLB Cinta Ananda Karangduak Sumenep: Rp120 juta.

* Total: Rp900.000.000

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *