oleh

Anggaran Dipangkas,Minta Rehab 30 Sekolah hanya Disetujui 2 Sekolah

Kabarmadura.id/PAMEKASAN-Tahun 2020 ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Pamekasan hanya akan merehabilitasi dua bangunan sekolah dasar negeri (SDN). Refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 jadi dalih berkurangnya anggaran untuk perbaikan sarana dan prasana lembaga pendidikan.

Menurut Kepala Disdik Pamekasan Akhmad Zaini, bantuan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah tersebut sudah dilokasikan untuk sekolah yang paling layak menerima. Terdapat dua sekolah yang menerima anggaran rehabilitasi yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pamekasan 2020 itu.

Dua sekolah itu adalah SDN Bulangan dan di SDN Montok, angka bantuannya masing-masing sekolaha dibawah Rp200 juta.

Disdik Pamekasan mencatat, terdapat 471 lembaga pendidikan tingkat dasar di Pamekasan. Dari jumlah itu, 30 lembaga pendidikan dinilai gedungnya layak direhabilitasi. Namun dari usulan itu, hanya dua sekolah yang disetujui.

“Kalau dilihat yang layak, lebih dari 30 sekolah, karenan refocusing ini menjadi terkurangi, yang sangat urgent itu yang didahulukan, tapi sebenarnya sangat urgent,”urainya.

Sedangkan realisasi bantuan sapras di dua lembaga pendidikan itu, sudah dikerjakan dan mencapai 30 persen. Pembangunannya diprediksi akan selesai di akhir tahun 2020 ini.

“Untuk yang pengerjaan sudah berjalan, sudah mencapai sekitar 30 persen,”urainya.

Sedangkan jatah dana alokasi khusus (DAK), diarahkan untuk 67 sarana dan prasarna SDN. Total anggarannya sebesar Rp16,4 miliar. Dialokasikan untuk pengadaan buku pengayaan, alat kesenian dan pembangunan fisik. Dari Rp16,4 miliar itu, pemerintah pusat menetapkan Rp8 miliar khusus untuk pembangunan fisik.

Kegiatan fisik itu antara lain, 14 rehabilitasi ruang kelas, 19 rehabilitasi ruang perpustakaan, 8 rehabilitasi ruang guru, 6 rehabilitasi ruang jamban, 1 pembangunan ruang kelas baru (RKB), 6 pembangunan jamban, 13 pembangunan ruang perpustakaan.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD) Disdik Pamekasan Fatimatuzzahra, anggaran tersebut sudah direalisasikan dan hampir mencapai 70 persen.

“Kami upayakan semaksimal mungkin sesuai dengan jadwal, sesuai dengan prosedur yang ada, jadwalnya kan sampai akhir Desember,”paparnya.(rul/waw)

 

Komentar

News Feed