Anggaran DPRD Dipangkas 65 Persen, Ketua Dewan Melobi Eksekutif

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) DIKURANGI: Anggaran kegiatan DPRD pada APBD Pamekasan tahun 2022 dipangkas untuk penanganan dampak Covid-19.

KABAMADURA.ID | PAMEKASAN Akibat wabah Covid-19 yang belum dinyatakan berakhir, anggaran belanja di sejumlah sektor pemerintahan dipangkas untuk penanganan dampak Covid-19. Salah satu sektor yang terkena pemangkasan anggaran yaitu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan.

Ketua DPRD Pamekasan Fathor Rohman mengatakan, anggaran kegiatan kedewanan untuk tahun 2022 dipangkas sebesar 65 persen. Namun, ia tidak menyebutkan jumlah anggaran yang diusulkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pamekasan tahun 2022. Karena itu, pihaknya mencoba melobi pihak eksekutif agar anggaran kedewanan tidak dipangkas.

Bacaan Lainnya

“Kami di tahun 2020 itu menganggarkan komputer untuk masing-masing anggota dewan. Kemudian kami usulkan lagi tapi dipangkas lagi,” ucapnya.

Karena pemangkasan tersebut, pihaknya akan mensosialisasikannya kepada masing-masing konstituen di masing-masing kecamatan. Selain itu, kunjungan kerja ke luar kota juga harus dikurangi. Bahkan menurutnya, pihaknya akan memperbanyak memantau kondisi masyarakat daripada melakukan kunjungan kerja ke luar kota.

Kendati begitu, dia menilai pemangkasan tersebut telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, untuk menekan sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) agar tidak terlalu besar. Pihaknya meminta agar Pemkab bijak dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Selain itu, pihaknya menekan agar Pemkab pintar-pintar dalam meningkatkan PAD dengan segala cara. Dengan cara apa pun, PAD harus bisa ditingkatkan, yang terpenting sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“PAD kita baru tumbuh. Cuma pertumbuhan PAD sekarang kan tidak bisa dipakai tahun depan. Bisanya itu dipakai tahun 2023 atau di PAK tahun 2022,” ucap Fathor.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *