Anggaran Konsultan di LPSE Tembus Rp300 Juta Per Paket

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ FATHOR RAHMAN) JANGGAL: Pengumuman di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) Kabupaten Sampang, jasa  konsultasi dianggarkan ratusan juta.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) di Kabupaten Sampang perlu pengawasan ketat. Sebab, satu paket jasa konsultan tahun ini mencapai Rp310 juta. Informasi itu diketahui, di pengumuman  layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) yang di upload oleh unit layanan pengadaan barang dan jasa (ULP Barjas) bulan ini.

Tercatat, satu paket belanja jasa konsultasi perencanaan rekayasa, jasa desain rekayasa untuk pengerjaan teknik sipil air anggarannya mencapai ratusan juta. Penyediaan jasa konsultasi itu, akan dimulai sejak Januari-Februari 2021. Sehingga, pelaksanaan kontrak akan dilakukan sejak bulan April hingga bulan Juni 2021 nanti.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan jasa konsultasi, terprogram di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, Aulia Rahman mengaku, anggaran itu bisa saja besar. Namun harus jelas peruntukannya, yakni disesuaikan dengan proyek yang akan dikerjakan.

“Jika tidak sesuai, maka terjadi manipulasi anggaran. Kami kroscek dulu. Seperti apa penggunaan secara detail. Karena yang kami anggarkan masih belum terperinci,” ujarnya, Kamis (28/01/2021).

Selama ini, dia menilai anggaran jasa konsultasi cukup fantastis. Sehingga, perlu klarifikasi dari pihak terkait. Sebab, anggaran dengan jasa konsultansi yang tinggi untuk proyek besar. “Kami akan kaji dulu, karena setelah kami cek di LPSE tidak jelas perinciannya. Jasa konsultan, sangat besar. Jika memang janggal,m maka sebelum dilelang harus ada perubahan,” tegasnya.

Sementara Kepala PUPR Sampang, Achmad Hafi enggan memberikan keterangan. Pihaknya mengaku belum bisa berkomentar, dengan dalih sibuk dan semacamnya. “Saya masih sibuk mas. Sekarang masih di pendopo,” dalihnya.  (man/ito)

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *