Anggaran Normalisasi Sungai di Bangkalan hanya Rp750 Juta

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ISTIMEWA) DIBERSIHKAN: Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron memantau kegiatan fisik normalisasi di Sungai Blega.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bangkalan hanya mendapatkan kucuran anggaran Rp750 juta untuk normalisasi sungai tahun ini. Sebab itu, normalisasi sungai hanya direncanakan di sepanjang Sungai Tonjung, Burneh, hingga ke wilayah kota.

Sekretaris Dinas PUPR Bangkalan Wildan Yulianto menyampaikan, bahwa instansinya sudah meminta anggaran lebih untuk bidang sumber daya air (SDA). Namun, pihaknya hanya menerima alokasi normalisasi sungai sekitar Rp750 juta. Padahal, usulannya mencapai Rp1 miliar.

“Tiap tahun kami selalu menganggarkan, tapi tahun ini kami dapatnya segitu. Normalisasi ini memang kami khususkan di perkotaan, kami sesuaikan dengan anggaran,” katanya.

Lanjut dia, normalisasi tersebut saat ini sudah mulai jalan. Untuk bidang SDA, tambah Wildan, pihaknya hanya menerima Rp1,9 miliar. Di mana normalisasi hanya kebagian Rp750 juta dan sisanya dibagi untuk penanganan program perbaikan irigasi di desa-desa.

“Kalau perbaikan irigasi ini menyangkut pembelian box culvert. Realisasinya, kami belum bisa jelaskan, karena menunggu akhir tahun dulu. Kami belum menerima laporan dari bidang yang menangani,” paparnya.

Tahun 2022, jika anggaran untuk normalisasi sungai yang dimiliki oleh Pemkab Bangkalan masih minim, pihaknya akan mengajukan kembali terutama pada area sungai yang mengalami pendangkalan. Sehingga ke depan tidak terjadi banjir lagi.

‘”Kegiatannya berupa pelebaran sungai yang awalnya 13 meter menjadi 20 meter dan pendalaman sungai yang semula 8 meter menjadi 13 meter dengan panjang 300 meter,” tandasnya.

 

Reporter: Fain Nadofatul M.

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *