Anggaran Pembangunan Dua Puskesmas di Sampang Anti Refocusing

  • Whatsapp
Anggaran Pembangunan Dua Puskesmas di Sampang Anti Refocusing

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) memastikan, anggaran pembangunan dua gedung pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di dua kecamatan aman.  Yakni, Puskesmas Kedungdung dan Sreseh. Sebab, dana pembangunannya tidak terkena refocusing. Sehingga, dipastikan pembangunan puskesmas akan terus dilanjutkan. Terlebih, bangunan sudah dibongkar untuk pembangunan gedung baru.

“Pembangunan fasilitas kesehatan ini merupakan proyek prioritas kami dengan sumber anggaran dari dana alokasi khusus (DAK). Makanya, sampai saat ini untuk dua pembangunan itu kami tidak khawatir. Namun, program lainnya kami khawatir,” ujar Plt Kepala Dinkes dan KB Sampang Agus Mulyadi, Kamis (29/7/2021).

Dia mengaku, sengaja menyegerakan memulai pekerjaan prioritas. Apalagi, fasilitas kesehatan (fakes) merupakan hal yang cukup penting. Apalagi, kontrak kerja dua pembangunan puskesmas cukup panjang. Sehingga, harus segera dimulai. “Dua Puskesmas itu, masa pekerjaannya cukup lama. Yakni, enam bulan. Jadi, tidak mungkin pekerjaan dimulai bulan Juli apalagi bulan Agustus,” ucapnya.

Selain itu, pelaksanaan pembangunan puskesmas tidak sembarangan. Sebab, harus mengikuti petunjuk dan teknis (juknis) pembangunan gedung sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Yakni, Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75/2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Disinggung program fakes lainnya? Pihaknya mengaku, belum bisa memastikan. Sebab, ada beberapa program fakes tapi bukan program prioritas. Sehingga, rawan masuk daftar refocusing susulan. Sedangkan untuk dua puskesmas sudah dipastikan tidak bermasalah.

Untuk diketahui, anggaran pembangunan dua puskesmas cukup fantastis. Untuk dana pembangunan Puskesmas Kedungdung mencapai Rp6.964.767.462 dikerjakan oleh PT. Puri Kencana Sakti. Sedangkan, pembangunan Puskesmas Sreseh dikerjakan oleh PT. Rukun Jaya Madura Group dengan pagu anggaran sebesar Rp7.974.899.547. (man/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *