Anggaran Pembangunan JPD di Sampang Tembus Rp5 M

  • Whatsapp
(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) MENGKHAWATIRKAN : Sejumlah jembatan penghubung desa (JPD) di Sampang, perlu dilakukan perbaikan.

KABARMADURA.ID, SAMPANG – Sejumlah jembatan penghubung desa (JPD) di Kabupaten Sampang, perlu dilakukan perbaikan. Sedikitnya, terdapat empat lokasi jembatan yang harus di bangun tahun ini. Masing-masing, jembatan penghubung desa Asem Jaran-Kembang Jeruk Kecamatan Banyuates, Bangsah-Junok Kecamatan Sreseh, Desa Pangilen-Banyumas Sampang dan Jembatan Desa Kamoning-Pakalongan Sampang.

Kondisi jembatan tersebut, cukup mengkhawatirkan. Hanya saja, warga terpaksa melintas di lokasi tersebut. Sebab, akses jembatan itu merupakan jalur alternatif. Khususnya, warga yang menggunakan kendaraan roda dua. “Disini memang ada jembatan, tapi kondisinya berbahaya. Sebagian warga masih melintas, karena jika harus lewat jalur lain lebih jauh,” ujar Hasbi, (37) warga sekitar jembatan di Kecamatan Banyuates.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, selama ini tidak pernah ada pembangunan jembatan khususnya di sekitar Kecamatan Banyuates. Terutama, jembatan penghubung desa. Padahal, sebagian besar masyarakat menggunakan akses jembatan sebagai jalur cepat. “Meski kondisinya cukup membahayakan tetap dilintasi, karena memang jalur cepat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sampang Hasan Mustofa saat dikonfirmasi membenarkan, jika sebelumnya banyak jembatan penghubung desa tidak tersentuh pembangunan. Pihaknya berjanji, akan memprogramkan beberapa jembatan segera ditingkatkan kualitasnya.

“Sejumlah jembatan sudah diagendakan dibangun tahun ini. Bahkan, sebagian sudah masuk dapur lelang. Selanjutnya, akan melakukan survei ke lokasi yang menjadi prioritas untuk realisasinya,” janjinya.

Pada dasarnya, sejumlah jembatan tersebut sudah tercover dalam agenda pembahasan tahun ini. Sehingga, akan segera diperbaiki dan ditingkatkan untuk pembangunannya. Menurutnya, anggaran yang disediakan untuk jembatan penghubung desa senilai Rp5.024.000.000.

“Tidak hanya perbaikan dan pembangunan jembatan baru. Tapi, pelebaran diameter jembatan akan dilakukan. Jembatan akan dibangun minimal dengan lebar 3,5 meter hingga lima meter,” janjinya.  (man/ito)

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *