Anggaran Pembebasan Lahan Stadion Sampang Menyusut Rp3 M

  • Whatsapp
(KM/DOKUMEN) BERTAHAP: Disporabudpar Sampang hanya mengganggarkan Rp11 miliar untuk pembebasan lahan stadion.

Kabarmadura.id/Sampang-Pagu anggaran pembebasan lahan pembangunan stadion untuk tahun 2020 dipastikan lebih kecil dari tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun ini Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang, hanya menganggarkan Rp11 miliar untuk pembebasan lahan, atau berkurang Rp3 miliar dari anggaran tahun sebelumnya.

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Disporabudpar Sampang Ainur Rofiq mengatakan, pembebasan lahan stadion dilakukan secara bertahap, sebab pihaknya harus menyesuaikan dengan ketersedian anggaran dan prioritas yang lainnya.

Upaya pembebasan lahan tersebut lanjut dia, sudah dimulai sejak 2019 kemarin, dengan total lahan yang sudah dibebaskan sekitar 4-5 hektar. Sedangkan sisanya masih dilanjutkan pada tahun berikutnya sesuai ketersedian anggaran.

“Tahun ini kami menyiapkan dana untuk pembebasan lahan Rp11 miliar dengan luas lahan yang akan di bebaskan sekitar 3-4 hektar,” ucap Rofiq saat ditemui Kabar Madura di ruang kerjanya, Kamis (16/1/2020).

Rofiq membeberkan, pihaknya saat ini masih melakukan permohonan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN), untuk memulai tahapan pembebasan lahan, seperti pengukuran dan sebagainya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pembuatan Detail Engineering Desain (DED) dan penghitungan kebutuhan anggaran pembangunan stadion. Tetapi fokusnya saat ini kata Rofiq, masih pada pembebasan lahan.

Sambung dia, lokasi pembangunan stadion itu, bertempat di Dusun Slabayan, Desa Sejati dan Desa Batu Karang, Kecamatan Camplong. Sementara total luas lahan yang dibutuhkan mencapai 12 hektar, itu sudah termasuk akses jalan menuju lokasi . Sedangkan jumlah warga terdampak rencana sekitar 50 kepala keluarga.

“Kamungkinan anggaran yang ada ini akan ditambah melalui PAK nanti. Saat ini baru sebagian yang terbebaskan, kami berharap pembebasan bisa selesai tahun ini,” tutupnya. (sub/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *