Anggaran Pemeliharaan Dihentikan, Dua Tahun Alih Kelola TPI Buram

  • Whatsapp
(KM/ ISTIMEWA) TANPA ANGGARAN: tempat pelelangan ikan (TPI) di Dusun Lunas, Desa Branta Pesisir, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, tampak kurang terawatt.

Kabarmadura.id/Pamekasan–Renca alih kelola tempat pelelangan ikan (TPI) di Dusun Lunas, Desa Branta Pesisir, Kecamatan Tlanakan, hingga kini tidak kunjung terlaksana. Padahal rencana alih kelola oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sudah muncul dua tahun yang lalu.

Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Sarana dan Prasarana Penangkapan Ikan Dinas Perikanan Pamekasan Hairul Anwar mengatakan, hingga saat ini TPI masih dalam masa transisi. Hal itu disebabkan lantaran hingga kini belum ada kejelasan alih kelola dari Pemprov Jatim.

“Sekarang masih dalam masa peralihan, prosedur administrasi sudah dilakukan akan tetapi karena belum jelas jawaban dari pemerintah provinsi, jadi hingga saat ini masih kami yang mengelola,” ucapnya, Minggu (22/3/2020).

Lebih lanjut Hairul mengatakan, untuk tahun 2020 anggaran pemeliharaan untuk pengelolaan TPI sudah tidak ada. Oleh karena itu, pihaknya memaklumi jika kondisi TPI masih belum optimal dan tidak terkelola dengan baik.

Kendati demikian, aktivitas jual beli hasil tangkapan ikan nelayan di TPI masih berjalan seperti biasa. Bahkan dirinya mengaku, di lokasi itu masih ada dua petugas dari Dinas Perikanan Pamekasan, yang setiap harinya memantau aktivitas di TPI.

“Untuk tahun ini anggaran pemeliharaan untuk TPI sudah tidak ada, kalau tahun kemarin masih ada,” tambahnya.

Hairul sendiri mengaku, pihaknya belum bisa memastikan kapan proses peralihan bisa diselesaikan. Sebab menurutnya hal itu merupakan kewenangan Pemprov Jawa Timur. Pihaknya juga menunggu kejelasan terhadap proses peralihan.

“Kami harap ini bisa segera diselesaikan agar TPI dapat dikelola dengan baik, kasihan TPI seperti tanpa orang tua,” pungkasnya. (km53/pin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *