Anggaran Penangan Lokus Stunting di Pamekasan Menurun

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) MENURUN; Anggaran khusus program stunting Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan tahun ini lebih kecil dibandingkan anggaran tahun 2019 kemarin.

KABARMADURA.ID, Pamekasan -Anggaran penanganan lokus stunting tahun ini di Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan menurun. Dana sebelumnya, Rp750 juta, sedangkan tahun ini anggaran lokus stunting hanya Rp350 juta. Sedikitnya, Rp400 juta penurunan dana dari tahun sebelumnya, akibat refocusing Covid-19.

Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Keluarga dan Gizi (KGN) Dinkes Pamekasan  Zaitun Ernawanati, mengatakan anggaran penekanan lokus stunting berupa pemberian makanan tambahan (PMT),  dikhususkan kepada balita dalam bentuk kudapan yang aman dan bermutu.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan, meski anggaran di tahun 2020 berkurang dibandingkan 2019 lalu, optimis untuk program penekanan angka stunting tahun ini berdasar data per Agustus sudah mencapai 9.831 balita. Menurutnya, bisa ditekan dengan berbagai strategi yang direncanakan.

“Kalau menurunkan angka stunting aksinya, dimulai dari lingkungan yang bersih, promosi kesehatan, karena berpengaruh kepada pola makan, jadi tidak hanya dari ketercukupan gizi,” paparnya, Minggu (25/10/2020).

Selain itu, pendampingan yang dilakukan sejauh ini terhadap ibu hamil agar tidak timbul kondisi kekurangan energi kronik (Kek). Sehingga, tidak berakibat pada gangguan kesehatan ibu hamil. “Harapannya membiasakan pola hidup yang sehat dan bersih,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi IV DPRD Pamekasan Muksin, menilai jangkauan dari program PMT untuk menekan angka stunting masih kurang masif. Dia meminta, pemenuhan gizi yang merupakan program penekanan stunting bisa lebih merata kepada daerah yang balitanya kekurangan gizi.

“Banyaklah laporan dari masyarakat yang menganggap sepele hal seperti ini, karena dinkes bisa memaksimalkan program penanganan stunting agar masyarakat bisa terhindar,” pungkasnya. (rul/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *