Anggaran Pilkades Serentak di Pamekasan Belum Memadai

  • Whatsapp

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan belum bisa memastikan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun ini.

Hal itu dikarenakan dana untuk pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini masih belum cukup.

Bacaan Lainnya

“Kami belum tahu kapan pastinya. Sebab, anggarannya masih belum memadai,” terang Kadis DPMD Pamekasan Ach. Faisol, Kamis (18/3/20).

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan, Pilkades serentak tahun ini akan dilaksanakan di 74 desa se-Kabupaten Pamekasan.

Faisol mengatakan, pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup) Pamekasan.

Diakuinya, untuk perubahan Perbup sendiri menyusul adanya Surat Edaran (SE) Permendagri Nomor 72 Tahun 2020. Itu terkait pelaksanaan Pilkades di masa wabah Covid-19.

“Berdasarkan SE Permendagri itu, desa harus menyiapkan sarana protokol Covid-19. Kemudian setiap tempat pemungutan suara (TPS) maksimal diisi 500 pemilih,” katanya

Saat ini pihaknya telah mengajukan kepada Bupati Pamekasan mengenai sisi perencanaan anggaran pilkades serentak tahun ini. Dalam pengajuan tersebut, pihaknya mengajukan anggaran sebesar Rp7 miliar.

“Ini masih pengajuan; belum final. Kami masih menunggu koordinasi selanjutnya,” tambahnya.

Menurutnya, perencanaan anggaran tersebut merupakan kebijakan Umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS).

Selanjutnya, dirinya masih menunggu tahapan-tahapan koordinasi selanjutnya dengan legislatif dan eksekutif. Itu terkait kapan akan dilaksanakannya Pilkades serentak tahun ini.

“Kami masih menunggu regulasi selesai dulu. Yang jelas, Pilkades ini akan dilaksanakan tahun 2021,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Imam Hosairi meminta agar jadwal pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini segera ditentukan.

Hal itu supaya desa yang akan melaksanakan pilkades serentak melakukan sejumlah persiapan yang dibutuhkan.

“Secepatnya ditentukan kapan pelaksanaan Pilkades tahun ini akan digelar. Agar para calon kades yang akan bertarung bisa menyiapkan dirinya,” pintanya.

Reporter: Zubaidi

Redaktur: Anam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *