oleh

Anggaran Rehab 46 SD Tembus  Rp9 Miliar, Komisi D Bangkalan Tekankan Sesuai Target

Kabarmadura.id/Bangkalan– Rencana renovasi ruang kelas bersama (RKB) di 46 Sekolah Dasar (SD) di Bangkalan sudah mulai digarap. Renovasi tersebut merupakan pencairan tahap I. Sejumlah pihak berharap agar pihak sekolah memperhatikan kualitas pembangunan, termasuk soal target waktunya.

Kasi Kelembagaan Sarana dan Prasarana (Sarpras) SD Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan, Moh Toha mengatakan, ada 4 tahapan pencairan. Rinciannya tahap I pencairan 25 persen, tahap II 45 persen, tahap III 25 persen dan tahap IV 5 persen.

Dikatakannya, pada tahap pertama pencairan sebesar 25 persen dari anggaran yang disediakan yakni diperkirakan sekitar Rp9 miliar untuk 46 SD. Begitu juga untuk realisasinya, Toha mengungkapkan, pengerjaan fisik juga harus dikerjakan sebanyak 25 persen pula.

“Masih tahap pertama pengerjaan fisiknya, sekolah harus merealisasikannya sebesar 25 persen. Pencairan bulan Juli, pengerjaan fisik juga langsung segera dimulai setelah masuk rekening,” ujarnya.

Masih menurut Toha, mengenai kegiatan renovasi 46 SD tersebut, dia mengaku, masih ada kendala di beberapa sekolah. Antara lain, kendala kurangnya tukang. Sejauh ini, berdasarkan pemantauannya, masing-masing sudah mulai melaksanakan pembangunan dan sesuai dengan rancangan anggaran biaya (RAB).

“Kami sudah 3 hari sudah melakukan survei, Alhamdulillah sudah 25 persen pembangunannya di sekolah,” terangnya.

Lebih lanjut, Toha menerangkan, pada tahap pertama tidak ada target realisasinya harus selesai kapan. Namun yang terpenting kata dia, ada jatah waktu maksimal 5 bulan kali 30 hari. Artinya, dalam kurun waktu tersebut jika realisasi pencairan tahap I sudah selesai, sekolah bisa langsung mengajukan pencairan tahap berikutnya.

“Kalau ya hanya rehab jamban sekolah bisa jadi lebih cepat dan anggarannya memang lebih kecil. Sedangkan RKB bisa lama, tergantung progres pembangunannya. Intinya tahun ini harus selesai 100 persen baik pencairannya dan realisasinya,” paparnya.

Terpisah, Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangkalan Nur Hasan menyampaikan, pihaknya telah melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di beberapa sekolah yang melakukan renovasi tersebut. Berdasarkan hasil sidaknya itu, dia memaparkan, bahwa semua realisasi renovasi sekolah sudah sesuai RAB.

“Kami lihat campuran bahan baku pembangunannya cukup bagus, besinya juga sudah sesuai dengan ketentuan RAB,” terangnya.

Katanya, dia sudah mendatangi 4 SD yakni mulai SD Sabiyan, SD Lanjing I, II dan SD Karangduwak. Politisi dari PPP itu juga menuturkan tidak ada pembangunan yang dilakukan dengan menggandeng pihak ketiga. Dari sekian pantauannya sudah ada yang 25 persen hingga 50 persen.

“Kami mendorong kepada seluruh sekolah agar segera dikerjakan sesuai target. Pengerjaan harus sesuai SPK yakni selama 5 bulan harus sudah 100 persen. Kami berharap 3 bulan sudah selesai,” pungkasnya. (ina/mam)

Komentar

News Feed