Anggaran Revitalisasi Gudang Garam Rakyat Tembus Rp950 Juta

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) REVITALISASI: Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Pamekasan mendapatkan jatah anggaran Rp950 juta untuk merevitalisasi gudang garam rakyat.

KABARMADURA.ID, PAMEKASAN – Anggaran khusus untuk revitalisasi gudang garam rakyat cukup fantastis. Dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) ini tembus Rp950 juta. Revitalisasi,berfungsi sebagai penunjang  untuk disinkronkan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Sehingga, stok garam rakyat yang telah diproduksi di daerah bisa terpantau atau diketahui. Bahkan, untuk anggaran itu dikhususkan terhadap lima paket, dengan rincian per paket Rp190 juta. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan dan Kawasan Budidaya Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Pamekasan, Muzanni, Selasa (24/11/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, melalui anggaran tersebut, gudang milik garam rakyat akan naik tingkat ke gudang tipe C, sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). “Konsep besar dari KKP, ingin melakukan pemberdayaan kepada masyarakat, khususnya di tingkat pengelola gudang, dengan standarisasi menjadi gudang tipe C. Sehingga bisa menyokong data stok garam baik manual, maupun online,” paparnya.

Muzanni menegaskan, muara dari  revitalisasi gudang garam rakyat, sebagai terintegrasinya stok garam rakyat yang ada di daerah dengan stok garam nasional. Sebab, sebelumnya gudang garam rakyat belum bisa bersinergi secara cepat dengan stok garam nasional di kementerian. “SNI Gudang Tipe C itu, bangunan dinding harus tembok, terus juga lantai beton, dilengkapi dengan timbangan, ada koneksi internet, kantor, jadi dananya memang agak banyak,” tegasnya.

Dia menarget, pengerjaan revitalisasi gudang garam selesai di tahun 2020. Sehingga, bisa dimanfaatkan dengan baik, pada musim garam tahun 2021. Sedangkan, untuk lokasinya di Desa Majungan, Tanjung, Lembung Dusun Bungkaleng,  Lembung Dusun Bengkal, dan Desa Polagan.\

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Syaififuddin, berharap, dengan adanya proyek khusus revitalisasi gudang rakyat, mampu menunjang terhadap geliat kesejahteraan para petambak. Selain itu, menekan agar  pengerjaan  dilaksanakan secara profesional. “Wajib dikelola secara profesional, sehingga bisa berdampak terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat,” pungkasnya. (rul/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *