oleh

Anggarkan 16 M untuk Atasi Banjir

Kabarmadura.id/SUMENEP-Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Cita Karya Sumenep Bambang Irianto menegaskan, instansinya menganggarkan dana Rp19 miliar untuk mengatasi bencana banjir.

Bambang mengatakan, anggaran tersebut dialokasikan untuk pengadaan pompa pengendali banjir kota, lalu penguatan tanggul-tanggul air. Serta, rumah pompa yang bisa mengalihkan air hujan yang tidak mampu tertampung di jalur aliran air yang semestinya.

“Kalau sudah terjadi ketinggian air tertentu, pintu air tersebut akan tertutup dengan sendirinya. Sehingga, air yang mengarah ke timur tidak kembali lagi. Sedangkan air yang mengalir dari arah barat akan dipompa menggunakan pompa air tersebut,” jelas Kadis PUPR dan Cipta Karya tersebut, Rabu (13/3).

Irianto menambahkan, pompa tersebut nantinya akan diletakkan di sebelah timur jalan Jati Emas, Desa Pangarang, Kecamatan Kota. Apabila ada hujan dengan intensitas tinggi, maka pompa itu akan bekerja sebagaimana mestinya untuk mengalihkan air bah.

“Saat terjadi hujan lebat, ada empat titik yang sering menjadi pusat banjir di wilayah perkotaan. Jadi, tahun ini kami lakukan perbaikan saluran air dan pembangunan fasilitas lainnya,” jelasnya.

Pengadaan alat-alat tersebut, tambahnya, merupakan solusi dan jawaban atas permasalahan banjir yang terjadi di kota. Salah satu akar masalah banjir yang diungkapkan Bambang adalah tidak muatnya Kali Marengan dalam menampung air hujan karena selama ini satu-satunya penampung hujan hanyalah Kali Marengan. Ditambah lagi, banyaknya ditemukan sampah dibuang semabarang di kali tersebut sehingga membuat aliran kali kurang lancar, terhambat. (mad/nam)

Komentar

News Feed