Anggarkan Rp1 M lebih untuk PJU di Bangkalan

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA) RAWAN: Beberapa akses jalan di Kabupaten Bangkalan diprioritaskan untuk pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU).

KABARMADURA.ID | BANGKALAN -Beberapa titik akses Jalan Raya di Kabupaten Bangkalan rawan terjadi tindak kriminal dan kecelakaan. Salah satu penyebabnya, minimnya penerangan jalan umum (PJU) di beberapa titik. Seperti, Jalan Raya Blega, Galis, Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dan Jalan Suramadu.

Sehingga pada tahun 2021 dianggarkan Rp1 miliar lebih untuk pengadaan PJU yang diprioritaskan di beberapa titik. Hanya saja, tidak semua dana akan dialokasikan ke pengadaan PJU baru. Akan tetapi, juga akan digunakan untuk perbaikan. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Bangkalan Rusydi Hanzsyah, Rabu (13/10/2021).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, tidak semua akses jalan bisa difasilitasi melalui PJU. Namun, masih melihat dari segi kebutuhan dan manfaat adanya PJU. “Memang banyak kebutuhannya, jadi banyak juga target dananya. Saya kurang tahu pasti, karena masih masa tender, tapi yang jelas perkiraan besarannya benar, tapi tidak semua untuk pengadaan,” ujarnya.

Pihaknya menuturkan, dari anggaran Rp1 miliar lebih dialokasikan melalui instansinya hanya kisaran Rp300 juta. Sisanya, dari pokok pikiran (pokir) DPRD. “Banyak yang dari pokir, tapi memang juga dimanfaatkan untuk PJU juga, jadi sama dengan kebutuhan secara umum juga,” tuturnya.

Dari alokasi dana yang bersumber dari anggaran perencanaan belanja daerah (APBD), PJU diperkirakan akan menyasar lokasi yang memang banyak permintaan dari warga. “Seperti beberapa kecamatan yang disebutkan tadi ditambah beberapa PJU di area perkotaan. Sehingga kami juga memprioritaskan pengajuan yang ada,” jelasnya.

Salah satu pengendara asal Bancaran Bangkalan Abdul Manab menyampaikan, bahwa banyak lampu penerangan di daerah Blega dan Galis mati. Sehingga banyak kendaraan yang terkena jalan bolong di akses jalan tersebut. “:Sebenarnya bahaya kalau PJU semakin sedikit, resiko kecelakaan lebih tinggi,” keluhnya.

Akses fasilitas PJU di Sampang cenderung lebih baik. Sehingga ketika mendekati perbatasan dengan Bangkalan, masih ada PJU yang menerangi jalan. Sedangkan ketika sudah memasuki jalan wilayah Bangkalan, seketika jalanan menjadi gelap lantaran minimnya PJU. “Saya ragu disana itu sudah ada PJU-nya atau belum, karena kondisinya gelap,” ulasnya.

Selain itu, kata Manab jalan yang minim PJU biasanya memang sering terjadi kecelakaan. Bahkan juga biasa dimanfaatkan sebagai tempat beraksinya kejahatan. Seperti pencurian. “Kalau semakin banyak, sepertinya ini akan semakin sering dan beresiko untuk perjalanan malam,” tegasnya.

Akses Jalan Prioritas Pemasangan PJU

  • Jalan Raya Blega
  • Jalan Raya Galis
  • Jalan Raya UTM
  • Jalan Raya menuju Suramadu

Reporter: Helmi Yahya

Redaktur: Totok Iswanto

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *