oleh

Anggarkan Rp120 Juta untuk Alat Kontrasepsi

Kabarmadura.id/Sumenep-Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Sumenep menganggarkan Rp120 juta untuk alat kontrasepsi pada tahun 2020. Kepala Bidang Keluarga Berencana (KB) Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DP3AKB Kabupaten Sumenep Sri Hartatik, melalui kasi BPKB Baitur menyampaikan, anggaran tersebut akan difokuskan pada puskesmas atau faskes yang melayani KB.

“Pendistribusiannya itu dilakukan per triwulan,” katanya, Kamis (02/01/2020).

Dijelaskan, saat ini masih proses melakukan pengajuan pada pemerintah Provinsi Jawa Timur. Setelah diajukan dan diterima maka DP3KB akan melakukan pendistribusian ke puskesmas.

“Alat kontrasepsi akan disebar ke seluruh puskesmas di Kabupaten Sumenep,” paparnya.

Ia menambahkan, pada tahun 2020, pihaknya akan berusaha maksimal agar anggaran bisa terserap secara maksimal dengan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat.

“Ke depan, sosialisasi terhadap masyarakat ditingkatkan, agar masyarakat menyadari pentingnya pencegah kehamilan itu,” ujarnya.

Baitur menyampaikan, anggaran Rp120 juta merupakan penambahan dari tahun 2019. Sebab, pada tahun 2019 senilai Rp99 juta tidak terserap, lantaran sepi peminat. Maka pada tahun 2020 dianggarakan lebih untuk memksimalkan distribusi dan juga memperbanyk sosialisasi kepada masyarakat.

“Saya berharap, penggunaan alat kontrasepsi dapat menurunkan angka kematian ibu dan bayi karena kehamilan yang tidak diinginkan ataupun jarak kelahiran yang terlalu dekat,” tuturnya.

Baitur menambahkan, anggaran senilaii Rp120 juta itu akan dipergunakan dengan baik, dan dapat terserap semua.

“Saat ini kami sudah mulai melakukan sosialisasi pada Puskesmas dan Faskes,” tutupnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumenep Faisal Mukhlis mengutarakan, dinas terkait harus memaksimalkan program tersebut.

“Saya berharap anggaran yang disediakan pemerintah dimaksimalankan, agar tidak terulang keduakalinya seperti tahun 2019,” pintanya. (imd/pai)

 

Komentar

News Feed