oleh

Angka Kehamilan Tinggi, Gerakan Keluarga Berencana Dinilai Jebol

Kabarmadura.id/SURABAYA-Di tengah wabah Covid-19, angka kehamilan di Indonesia melonjak. Provinsi Jawa Timur (Jatim) tercatat sebagai provinsi dengan angka tertinggi berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Jumat (26/6/2020).

Data tersebut menunjukkan kurva ibu hamil sejak Februari-April 2020 terus mengalami kenaikan. Tercatat, pada Februari 2020 terdapat 68.547 ibu hamil. Satu bulan kemudian bertambah menjadi 209.809 orang. Pada April, ibu hamil justru menyentuh angka 414.708 orang.

Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jatim Mathur Husyairi  menyebut, kondisi tersebut berpotensi menjadi klaster penyebaran wabah Covid-19.

Wakil rakyat asal Bangkalan ini menilai, sosialisasi dari gerakan keluarga berencanayang menjadi tugas dari BKKBN Jatimbutuh digenjot kembali.

“Sosialisasinya yang kurang. Semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) fokus ke pencegahan Covid-19, termasuk kegiatan-kegiatan di BKKBNJatim, butuh ditingkatkan sosialisasinya,” kata Mathur kepada Kabar Madura, Senin (29/6/2020).

Kader Partai Bulan Bintang (PBB) ini juga meminta BKKBN Jatim mengalokasikan anggaran agar sosialisasi KB bisa lebih maksimal untuk menekan angka kehamilan.Sebab, dirinya tidak menginginkan banyak bayi atau ibu hamil bisa terinfeksi Covid-19 di Jatim.

“Itu seharusnya didukung oleh OPD terkait, biar ada alokasi anggaran,” sambungnya.

Selain meminta BKKBN Jatim, Mathur berharap, pemerintah kabupaten dan kota di Jatim ikut andil dalam mensosialisasikan gerakan KB. Mathur juga menyinggung bidan-bidan desa agar bisa lebih peduli dalam  gerakan tersebut.Lantaran gerakan KB itu tidak sebatas tugas dari BKKBN.

“Berbicara tentang pensosialisasian program harusnya linier, yang punya masyarakat kabupaten dan kota, kalau Jawa Timur kanjangkauan wilayahnya di Jawa Timur, tetap yang punya masyarakat setempat dan bagian-bagian kesehatan,” tutup Mathur. (idy/waw)

 

 

 

 

 

Komentar

News Feed