Angka Kematian Bumil akibat Covid-19 di Bangkalan Capai 24 Orang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/HELMI YAHYA)  ARIS BUDIARTO: Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Bangkalan

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Jumlah kematian ibu hamil di Bangkalan masuk kategori tinggi. ada Sejak wabah Covid-19, sebanyak 24 ibu hamil yang meninggal dunia. Untuk mengurangi dan mencegah risiko tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan mendorong ibu hamil agar segera melakukan vaksin.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Bangkalan Aris Budiarto menyampaikan,vaksinasi untuk ibu hamil sudah mulai dilakukan. Baik di setiap kegiatan vaksinasi atau di setiap puskesmas seluruh Bangkalan.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah mulai memberikan vaksin pada ibu hamil sebelum habis stoknya sekitar minggu lalu,” kata Aris.

Vaksin untuk ibu hamil nanti sangat ditentukan pada tahapan screening dari dokter yang ada di loket pendaftaran. Jika memang kondisinya mampu, maka boleh dilanjutkan vaksin.

Kata Aris, selama wabah Covid-19 menyerang Bangkalan, ada sekitar 24 ibu hamil yang sudah meninggal dunia. Sehingga untuk mengantisipasi itu terjadi, maka ibu hamil juga harus segera mendapatkan vaksin.

“Setidaknya ini adalah upaya kami agar mereka tidak mudah terpapar virus Covid-19,” terangnya sembari menjelaskan bahwa capaian vaksinasi untuk ibu hamil sudah 49 orang dalam sepekan terakhir.

Sedangkan salah satu ibu hamil di kawasan Kecamatan Socah, Rachmawati menyampaikan bahwa dirinya belum mendapatkan vaksinasi, dan juga informasi bahwa ibu hamil akan menjadi salah satu yang diprioritaskan.

“Saya belum tahu kalau diperbolehkan, karena memang masih takut dan khawatir,” katanya.

Tetapi jika memang sudah ada ibu hamil yang divaksin dan dipastikan aman, dirinya berminat untuk divaksin. Tapi khawatir tidak bisa antri lama, karena usia kandungan sudah sekitar 7 bulan lebih.

“Kalau tidak usah antri saya mau, tapi kalau menunggu lama, saya belum bisa,” pungkasnya. (hel/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *