Antisipasi Banjir, Ini Langkah Taktis DPRKP CK Sumenep

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) Kepala DPRKP CK Sumenep Moh Jakfar

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Memasuki musim hujan, hal yang lumrah terjadi membuat genangan sisa air hujan di jalan umum jantung Kota Sumenep. Genangan yang mengganggu aktivitas masyarakat saat melintas di area perkotaan itu tampaknya menjadi perhatian serius Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPRKP CK) Sumenep.

Sebagai langkah taktis dan antisipasi, untuk mengatasi persoalan itu selain memaksimalkan pembangunan, DPRKP CK juga kembali memperjuangkan penambahan anggaran pada perubahan anggaran keuangan (PAK).

Kepala DPRKP CK Sumenep Moh Jakfar mengatakan, sebagai langkah antisipasi selain membentuk satuan tugas (Satgas) Pasukan Merah sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya banjir perkotaan. pihaknya juga tengah mempe

“Kami juga sudah rajin bersih-bersih saluran perumahan, sehingga jika saluran dari perumahan itu sudah bersih maka laju air menuju sungai juga normal, dan air tidak lagi menggenang,” kata Jakfar, Rabu (22/9/2021).

Selain itu, pihaknya juga akan menganggarkan untuk pengadaan pipa, untuk memompa genangan air di titik yang memang rawan terjadinya genangan air. Untuk anggarannya sendiri pihaknya menyiapkan Rp200 juta dari PAK.

Termasuk memaksimalkan drainase. Salah satu tujuannya, agar laju air optimal dan tidak ada lagi genangan-genangan yang mengganggu aktivitas masyarakat.

“Misalnya di perumahan satelit itu akan disedot dengan pompa dan tahun ini bakal dimaksimalkan pengadaan pompa,” imbuh dia.

Pihaknya menjelaskan, tahun lalu sudah banyak upaya yang dilakukan untuk mengatasi genangan air. Di antaranya kolam detensi di Desa Kolor, membangun drainase di Makam Pahlawan, Jalan Raya Gapura atau Imam Bonjol.

“Kami sediakan satgas yang bertugas membersihkan saluran drainase. Itu dilakukan setiap saat, dan siap dipanggil kapan pun jika dibutuhkan,” pungkasnya.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Mohammad Khairul Umam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *