Antisipasi Corona, Pemkab Pamekasan Dirikan Posko di 5 Titik Perbatasan

  • Whatsapp
(KM/ALI WAFA) WASPADA: Beberapa  titik lokasi yang menjadi perhatian pemerintah untuk dilakukan sterilisasi dari potensi penyebaran wabah Virus Corona.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penyebaran pandemi Covid-19, pemerintah berencana untuk melakukan sterilisasi di beberapa titik lokasi. Yakni, yang menjadi akses keluar-masuk pemudik yang kabarnya akan berjumlah banyak dari luar daerah Pamekasan.

Ketua Satgas Covid-19 Pemkab Pamekasan Akmalul Firdaus mengatakan, pihaknya akan melakukan beberapa tindakan untuk menekan angka kemungkinan bertambahnya jumlah Orang Dalam Resiko (ODR) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kabupaten Pamekasan. Salah satunya adalah dengan menyiapkan sedikitnya 5 posko satgas di lima titik yang menjadi akses keluar-masuk masyarakat Pamekasan.

Kelima titik tersebut meliputi wilayah selatan di daerah Tlanakan yang sekaligus merupakan perbatasan antara Pamekasan-Sampang; di wilayah barat yaitu di desa Panaguan Kecamatan Proppo; di wilayah utara yaitu di daerah Batu Karbuy; dan di kawasan timur yaitu di sekitar talang siring yang sekaligus menjadi perbatasan antara Pamekasan-Sumenep.

Hal itu dilakukan, lanjutnya, untuk mengantisipasi banyaknya jumlah pemudik dari luar kota. Pihaknya akan melakukan tindakan berupa penyemprotan diesinfiktan dan memeriksa setiap pendatang dari luar kota. Itu dilakukan bersama Dinas Kesehatan Pamekasan dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pamekasan.

“Rencana tim satgas kabupaten untuk mendeteksi dugaan-dugaan. Kami akan membentuk posko satgas di 5 titik, yang menjadi akses keluar-masuk masyarakat, yaitu di Tlanakan, Panagguan, Talang Siring, dan Batu Kerbuy,” ucapnya.

Lebih lanjut Akmal mengatakan, semua bus yang datang dari luar kota akan diarahkan untuk masuk ke Terminal Ceguk. Penompangnya akan disemprot dengan disinfektan serta serta diperiksa. Sedangkan untuk kendaraan pribadi, semua akan dititik-kumpulkan di Terminal Kargo dan akan dilakukan tindakan yang sama.

“Nanti setiap bus yang datang dari luar kota akan kami arahkan untuk masuk ke Terminal Ceguk semua. Kami lakukan penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan. Untuk kendaraan pribadi akan diarahkan masuk ke Terminal Kargo,” pungkasnya. (km53/nam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *