oleh

Antusias Warga Sampang Gunakan Hak Pilih Meningkat Mencapai 96 Persen

Lebih Tinggi dari Pemilu Sebelumnya

Kabarmadura.id/SAMPANG – Masyarakat menyambut antusias pelakasanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Sampang. Hal ini dibuktikan dengan partisipasi pemilih yang menyentuh angka hingga 96 persen.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Sampang Syamsul Mu’arif. Ia mengatakan, tingkat kehadiran mencapai 96 persen atau 787.275 pemilih yang hadir dan menggunakan hak suaranya. Atau ada 3,59 persen atau 29.489 surat suara tidak sah dan sisanya surat suara sah sebanyak 757.786. Kemudian, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 820.941 pemilih dari total 3.691 TPS,” timpalnya.

“Tingkat partisipasi ini lebih tinggi dibanding pemilu sebelumnya. Pada Pemilu 2014 mencapai 90 persen,” katanya.

Pihaknya juga bersyukur tingkat partisipasi pemilih sangat tinggi. Antusiasme masyarakat tersebut membuktikan bahwa masyarakat Sampang semakin peka terhadap perkembangan politik dan pemerintahan.

“Itu tidak lepas dari animo masyarakat terhadap Pilpres terutama Pileg yang cukup tinggi sehingga masyarakat ikut ngawal sendiri,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa secara keseluruhan penyelenggaraan Pemilu 2019 di Sampang berlangsung dengan sukses, meski pada rekapitulasi tingkat kabupaten beberapa hari kemarin terjadi kericuhan. Namun ia memastikan, semua insiden itu bisa teratasi dan diselesaikan dengan baik sehingga tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

Terkait partisipasi pemilih, sebelumnya, KPU Kabupaten Sampang menargetkan partisipasi pemilih 80 persen dari jumlah DPT yang ada. Target tersebut dianggap realistis dengan sejumlah kegiatan sosialisasi yang sudah dilakukan.(awe/pai)

Komentar

News Feed