APBD Sumenep 2022 Masuk dalam Evaluasi Gubernur

  • Whatsapp
(FOTO: DPRD FOR KABARA MADURA) BERGERAK CEPAT: Setelah menyelesaikan semua tahapan, DPRD dan Pemkab Sumenep tinggal menunggu hasil evaluasi gubernur untuk bisa mengesahkan APBD 2022.

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep telah menyelesaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep tahun anggaran (TA) 2022.

Ketua DPRD Sumenep Abdul Hamid Ali Munir mengatakan, hasil pembahasan Raperda APBD Sumenep TA 2022 saat ini sedang dievaluasi gubernur Jawa Timur. Evaluasi tersebut tidak mengubah hasil kesepakatan antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sumenep bersama Tim Anggaran (Timgar) Pemkab Sumenep.

“Gubernur hanya memberikan arahan mengenai hasil yang telah menjadi kesepakatan antara Timgar dan Banggar,” katanya, Minggu (14/11/2021).

Sebelum membahas APBD 2022, diawali dengan membahas KUA PPAS APBD. Pembahasan KUA PPAS APBD tersebut dilakukan dalam waktu tujuh hari. Semua tahapan sudah dilakukan di komisi-komisi DPRD Sumenep pada Oktober 2021.

Selanjutnya, dikatakan Hamid, KUA PPAS dibahas Banggar DPRD Sumenep bersama Timgar Pemkab Sumenep selama 5 hari.

Setelah KUA PPAS APBD tahun 2022 dibahas dan disetujui bersama, saat itu juga langsung masuk tahapan pembahasan inti APBD 2022. Rencananya, APBD 2022 dibahas dalam lima hari oleh Banggar DPRD Sumenep dan Timgar Pemkab Sumenep.

Jika pada November 2021 ini terdapat revisi dari gubernur, bisa segera diperbaiki. Dengan begitu, sebelum akhir tahun 2021 ini, APBD Sumenep tahun 2022 sudah disahkan menjadi peraturan daerah (perda).

Berdasarkan regulasi, Pemkab Sumenep harus menyerahkan pada gubernur. Setelah itu, hasil evaluasi diserahkan Pemkab Sumenep. Selanjutnya, Pemkab Sumenep menyerahkan ke DPRD Sumenep.

“Kami menunggu evaluasi dari gubernur,” ucap dia

Mengenai pembahasan APBD, Wakil Ketua DPRD Sumenep Faisal Muhlis. menegaskan bahwa telah dilakukan pada Kamis (7/10/2021) hingga Senin (25/10/2021).

“Saat ini masih dalam evaluasi gubernur,” ucap politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Wawan A. Husna

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *