APBN Gerojok Rp1,3 M untuk RTLH

  • Whatsapp
(KM; khoyrul Umam Syarif) TINGGI: Pemerintah pusat memberikan bantuan stimulan pembangunan RTLH di Kabupaten Pamekasan senilai Rp1,3 miliar.

Kabarmadura.id/Pamekasan-Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pamekasan, mendapat suntikan dana khusus bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun 2020 dari Anggaran Pendapan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp1,3 miliar.

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Pamekasan Muharram, program untuk perbaikan RTLH yang berada di wilayah berjuluk Kabupaten Gerbang Salam itu terus digenjot.

Bacaan Lainnya

Hal itu bertujuan, agar fenomena sosial itu bisa terentaskan secara maksimal. Dirinya memastikan, bantuan yang diperoleh dari APBN tahun anggaran 2020 itu akan disalurkan dengan penuh kepada masyarakat sesuai dengan data yang telah dikantongi.

“Kalau didukung setiap tahun seperti ini insyaallah RTLH akan segera tuntas, apalagi selalu bertambah setiap tahunnya,” paparnya, Kamis (27/2/2020).

Lebih lanjut dirinya menyebutkan, selain disokong dari dari Dana Alokasi Khusus (DAK), program RLTH pada tahun 2020 juga sudah mendapat kucuran dana dari APBD sebesar Rp8 miliar.

Proses penyiapan program tersebut saat ini sudah sampai pada rektutmen pendamping dari program RTLH. Setelah itu, tahapan akan dilanjutkan dengan verifikasi rumah penerima manfaat yang sudah dikantongi dalam data base.

“Di Pamekasan hampir 9.000 lebih rumah tidak layak huni,” ungkapnya.

Pada pereode kali ini, khusus RTLH Pamekasan yang terfasilatasi dari DAK sekitar 113 rumah, jika yang terkover dari APBD sekitar 350 rumah hingga 400 rumah, jadi total secara keselurahan berkisar 500 rumah yang akan diperbaiki.

“Jadi jenis bantuannya nanti adalah berupa uang yang dibarangkan, jadi masyarakat penerima tidak serta-merta pegang uang, uangnya ini langsung dibelikan barang,” pungkasnya. (rul/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *