Aplikasi Hompimpa di Dinkes Sumenep Verifikasi Kesehatan Sejak Dini

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) SOSIALISASI: Saat Kepala Dinkes Sumenep Agus Mulyono mempresentasikan aplikasi hompimpa secara virtual.

KABARMDURA.ID, SUMENEP -Demi meningkatkan akses kesehatan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep menyediakan aplikasi Health Indicator Modules With Appropriate Integrated Methods For Proper Access of Health Information (Hompimpa). Aplikasi ini saat ini terus disosialisasikan. Sehingga nantinya masyarakat menikmati aplikasi peningkatan pelayanan kesehatan tersebut.

Kepala Dinkes Sumenep Agus Mulyono menjelaskan, lahirnya nama Hompimpa tidak terlepas dari nama tradisional yang lumrah di Kota Keris ini, sehingga di tengah kemajuan digital nilai-nilai budaya masih ikut melekat.

Bacaan Lainnya

“Filosofinya ke sana, meski yang disingkat adalah bahasa Inggris, artinya kemajuan zaman itu tetap memperhatikan nilai-nilai luhur seperti itu, inti nama itu,” kata Agus, sapaan akrabnya, Selasa (17/8/2021).

Sementara tujuan aplikasi Hompimpa itu juga untuk memberikan pelayanan di bidang kesehatan. Dengan adanya aplikasi tersebut yang terintegrasi dengan nomor induk kependudukan (NIK) maka akan memudahkan penanganan.

Aplikasi tersebut juga bisa mengakses penyakit masyarakat berdasarkan laporan di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Jumlah pengunjung dan sebagainya, terpenting juga terintegrasi ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Artinya begini, ketika sudah terdaftar di puskesmas dan harus dirujuk ke rumah sakit, maka di rumah sakit sudah tahu itu, tanpa lapor administrasi lagi,” imbuhnya.

Misalnya, lanjut Agus, NIK beralamat di darat sementara orangnya ada di kepulauan tetapi sudah berobat di sejumlah puskesmas,  maka riwayat penyakit yang bersangkutan sudah terdeteksi.

“Sarana dan alat penunjang lainnya sudah lengkap dan siap di seluruh puskesmas di Sumenep,” pungkasnya. (ara/mam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *