oleh

Armada Rusak, Pemenuhan Air Bersih Oleh PDAM Tidak Maksimal

Kabarmadura.id/Sumenep-Pelayanan kebutuhan air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sumenep masih berskala kecil, karena hanya mampu melayani di beberapa titik saja di wilayah kota.

Direktur PDAM Sumenep Ach Supandi beralasan, pemicu utama yang melatar belakangi keterbatasan layanan air bersih tersebut karena minimnya sarana armada pengangkut air berupa truk tangki.

Pihaknya hanya memiliki empat unit truk tangki. Bahkan dari empat armada yang ada, kondisinya semuanya tidak normal. Dua unit rusak berat, sementara dua unit lainnya rusak ringan dan dalam pemeliharaan.

“Yang satu rusak berat dan tidak bisa difungsikan sementara yang satunya masih diperbaiki, dan dua lainnya juga bisa dikatakan kurang layak, sehingga kami hanya melayani daerah Kecamatan Saronggi paling jauh, kalau ke Bluto yang ada tanjakan itu sudah tidak kuat armadanya,” katanya, Senin (24/8).

Dikatakan Supandi, PDAM hanya sanggup mendatangi lokasi yang ada di dataran rendah saja. Sebab, dia menegaskan, kemampuan armada yang dimiliki sudah tidak bisa dipaksakan untuk melayani ke sejumlah daerah di Sumenep.

Kemudian, dalam membantu penanggulangan kekeringan dan kebakaran, PDAM Sumenep masih bisa membantu, meskipun secara teknis sifatnya hanya membantu ala kadarnya saja.

“Misalnya seperti kebakaran itu sifatnya kami membantu itu sunnah, kayak kebakaran di Talango, kami hadir membantu, tapi kalau sampai ke Kecamatan Pasongsongan, tidak mampu, bukan membantu malah nyawa kami yang bahaya,” paparnya.

Sementara untuk anggaran perawatan, pihaknya mengatakan ala kadarnya. Untuk pengadaan armada baru, upaya itu sudah dilakukan namun tidak terealisasi.

“Kami pasti punya perencanaan, dan kurang lebih 250 juta per tahun kami siapkan untuk perawatan armada. Dan saat ini, jika ada kebutuhan air bersih hanya menjangkau daerah terdekat saja,” pungkasannya. (ara/ong)

Komentar

News Feed