Atasi Genangan, Bangun Drainase Senilai Rp4 M

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN.) PEMBAHASAN: Untuk mengatasi banjir dan genangan akibat hujan tinggi, pengerjaan fisik drainase di Bangkalan butuh Rp4 miliar.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Untuk mengatasi banjir dan genangan akibat hujan tinggi, beberapa langkah telah diambil oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan melalui Dinas Pengerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Salah satunya yakni memperbaiki dan membangun drainase. Anggaran yang disediakan pun tidak main-main, totalnya ada Rp4 miliar.

Sekretaris Dinas PUPR Bangkalan Wildan Yulianto mengatakan, anggaran sebesar Rp4 miliar itu bersumber dari dana alokasi umum (DAU) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bangkalan tahun 2021. Pada pelaksanaanya, anggaran dibagi untuk kegiatan di 26 titik drainase.

Bacaan Lainnya

“Tahapannya sekarang masih proses pengerjaan. Kami targetkan akan selesai akhir tahun nanti,” jelasnya.

Pengerjaan 26 drainase tersebut akan bertahap. Hal tersebut sesuai dengan surat perintah pekerjaan (SPK) tahun 2021 bulan Mei lalu. Tujuan dari pembangunan tersebut untuk meminimalisir banjir yang datang saat musin penghujan.

“Setiap tahun kami selalu menganggarkan program penanganan banjir baik di perkotaan maupun di pedesaan,” tuturnya menjelaskan realisasi anggaran penanganan banjir.

26 pekerjaan drainase tersebut tersebar di 18 kecamatan di Bangkalan. Namun, dia tidak menyebutkan berapa pengerjaan yang sudah terealisasi. Wildan hanya mengungkapkan bahwa pengerjaan sesuai kontrak selama 4 bulan. Selain itu, diprioritaskan di daerah yang biasanya menjadi pusat genangan banjir ketika masuk musim penghujan.

Proyek dibagi menjadi 3 paket. Satu paket terdiri dari 9 titik pengerjaan yang terbagi di 9 kecamatan pula. Sedangkan pekerjaan fisik, mulai dari pemasangan box culvert dan alat-alat lainnya untuk irigasi lainnya maupun perbaikan drainase yang sudah ada hingga dan pembangunan baru.

“Kalau pemasangan box culvert ini kami lakukan di daerah perkotaan, kalau di pedesaan biasanya perbaikan dan pembangunan drainase baru,” tandas Wildan.

Pembagiannya, paket 1 antara lain drainase jalan Kelurahan Tonjung, Burneh, drainase Jalan Kelurahan Malajah, Bangkalan, drainase Jalan Desa Sanggra Agung, Socah, drainase Jalan Desa Banyiur, Sepulu, drainase Jalan Desa Katol Barat, Geger, drainase Jalan Desa Bragang, Klampis, drainase Jalan Desa Kwanyar Timur, Kwanyar, drainase Jalan Desa Jaddih, Socah, drainase Jalan Desa Katol Timur, Kokop.

Kemudian paket 2 adalah drainase Jalan Desa Mangga’an, Modung, drainase Jalan Desa Kolla, Modung, drainase Jalan Desa Burneh, Burneh, drainase Jalan Desa Kelbung, Galis, drainase Jalan Desa Durungan, Tanah Merah, drainase Jalan Desa Tolbuk, Klampis, drainase Jalan Desa Dumajeh, Tanah Merah, drainase Jalan Desa Dalambah Dajah, Tanah Merah, drainase Jalan Desa Karang Leman, Tragah.

Sedangkan paket 3 antara lain drainase Jalan KH. Moh Kholil Gg. III Bangkalan, drainase Jalan KH. Moh. Kholil Gg IV Bangkalan, drainase Jalan Lemah Duwur Bangkalan, peningkatan saluran drainase dan trotoar Jalan Ahmad Yani Bangkalan, normalisasi saluran drainase perkotaan Bangkalan, drainase Jalan Desa Gunilap, Sepulu, drainase Jalan Desa Keleyan, Socah, drainase Jalan Kelurahan Pangeranan, Bangkalan. (ina/waw)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *