oleh

Awas Wabah DBD Terus Mengintai

Kabarmadura.id/BANGKALAN-Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. umumnya, wabah nyamuk aedes egypty akan menyerang masyarakat setiap musim hujan diperiode Desember hingga Maret.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan Sudiyo menjelaskan, Stigma masyarakat yang ada saat ini demam berdarah disebabkan oleh nyamuk, setelah nyamuk hinggap kepada seseorang dan ditularkan oleh kepada yang lain.

“Orang yang terkena gejala tidak selalu terindikasi demam berdarah. kenapa, karena ketahanan daya tubuhnya bagus. maka ketika nyamuk itu menggigit orang lain dan orang lain itu metabolismenya kurang maka terinfeksi lah orang itu,” Jelasnya, Rabu (13/3).

Maka dari itu, Sudiyo menegaskan bahwa, meningkatkan daya tahan tubuh sangat penting untuk tidak mudah terinfeksi virus dengue.

Mantan kepala Puskesmas Kecamatan Blega itu menerangkan, masyarakat perlu diberikan pemahaman tentang upaya penanganan saat adanya korban.

“Mereka minta agar kita melakukan fogging, padahal fogging itu tidak membasmi jentik nyamuk. Hanya membunuh sebagian, sementara jentik dan telurnya masih ada,” imbuhnya.

Seharusnya kata pria yang akrab disapa Yoyok itu, tindakan yang dilakukan bersama ialah 3 M (mengubur, menguras dan menutup) harus menjadi perhatian dan menjadi pola hidup dalam menjaga kesehatan lingkungan.

“Pemahaman yang seperti itu yang perlu kita tanamkan, agar masyarakat kita tidak cuek pada lingkungan,” terangnya.

Berdasarkan laporan resmi Dinas Kesehatan sejak bulan Januari sampai awal Februari 2019 ada 67 penderita DBD, 1 orang diantara meninggal dunia.

Meski terjadi ledakan dua kali lipat dibandingkan periode sebelumnya, Yoyok menerangkan bahwa Kabupaten Bangkalan belum termasuk kategori merah, sebab banyak kabupaten/kota di Jawa Timur yamg lebih banyak dari Bangkalan.

“Sebenarnya kita selalu mensosialisasikan lewat upaya posyandu, kunjungan keluarga pada oleh setiap bidan desa secara terus menerus, tinggal implementasinya saja,” tukasnya.(mam)

Komentar

News Feed