oleh

Babinsa Koramil Galis Giat Gelar Baksos

KABARMADURA.ID, Bangkalan  – Bintara Pembina Desa (Babinsa) merupakan unsur pelaksanaan Komando Rayon Militer (Koramil), Pos Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD), dan Lanud yang bertugas melaksanakan Pembinaan Teritorial (Binter) di wilayah pedesaan atau kelurahan.

Tugas dan tanggung jawab Babinsa itu tentu tidaklah mudah. Sebab, selain harus menjaga teritorial wilayah, juga harus siap memantau desa binaan tanpa mengenal waktu.

Babinsa Koramil 0829/10 Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan Sertu Feri R mengatakan ada beberapa kegiatan yang sering mereka lakukan, seperti komunikasi sosial (Komsos), karya bhakti (Karbhak), dan wawasan kebangsaan (Wasbang).

“Babinsa itu kebanyakan kalau di wilayah tugasnya seperti Komsos, Kharbak misalnya kerja bakti bersama masyarakat,” terangnya, Rabu (7/10/20).

Sedangkan Wasbang, Babinsa datang langsung ke sekolah-sekolah, seperti menjadi pembina upacara, melatih pelatihan baris berbaris (PBB), atau yang lainnya.

Hal itu dilakukan merupakan bukti bahwa TNI AD benar-benar menjalankan tugas yang mencakup operasi militer selain perang (OMSP).

“Kalau di TNI itu kan ada OMSP, hal itulah yang membuat kami giat melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Sertu Feri berharap keberadaan TNI di masyarakat bisa diterima dengan baik. Sebab, kehadirannya akan terus bersinergi dan mengabdi untuk masyarakat.

“Kalau ada masyarakat butuh bantuan kita bisa membantu datang langsung, artinya kita bertatap muka dengan masyarakat, dengan tokoh pemuda atau tokoh agama,” tukasnya.(KM56/mam)

 

Komentar

News Feed